Barabai, (Antaranews Kalsel) - Ribuan jamaah menghadiri haul ke-25 tuan guru KH Ahmad Mugni atau yang biasa dikenal Ayah Nagara, orangtua dari pengasuh Pondok Pesantren Nurul Muhibbin Barabai KH Muhammad Bakhiet.

Peringatan haul tersebut dilaksanakan di lingkungan Ponpes Nurul Muhibbin Barabai, Kamis (23/8) mulai pukul 08.00 wita yang dihadiri para Habaib, ulama, masyarakat dari berbagai daerah dan para pejabat pemerintahan termasuk juga Plt Bupati HST H A Chairansyah.

Menurut salah satu warga Barabai pecinta Habaib dan ulama yang berhadir, Muayyad menyampaikan
Keulamaan Ayah Nagara sudah tidak diragukan lagi dikalangan masyarakat HST.

Sangat banyak jasa yang beliau wariskan terhadap ummat terutama dalam bidang Ilmu Agama, sehingga juga banyak melahirkan ulama yang selalu menyampaikan risalah di tengah masyarakat sampai sekarang.

Menurut Muayyad, beliau sangat paham berbagai bidang Ilmu agama terutama ilmu tauhid, ilmu fiqih maupun Ilmu tasawuf, yang beliau peroleh dengan menuntut ilmu baik dari orang tua beliau yaitu Syekh Ismail maupun guru yang berada di luar Kalsel terutama di Mekkah.

Dikalangan masyarakat HST beliau sudah tidak diragukan lagi tentang keilmuannya, keistiqamahannya  bahkan ketawadduan beliau dalam bergaul di lingkungan sekitar maupun masyarakat luas bahkan dengan kalangan para umara.

Salah satu karya nyata yang beliau torehkan untuk Bumi Murakata adalah dengan berdirinya Ponpes Nurul Muhibbin Barabai yang sekarang dipimpin langsung oleh anaknya yaitu KH Muhammad Bakhiet.

Keberadaan Ponpes dan Majis Ta'lim Nurul Muhibbin yang begitu pesat berkembang dan terkenal tidak hanya untuk wilayah HST akan tetapi sudah merambah wilayah banua anam bahkan sampai di luar kalsel.

Diterangkannya rangkaian acara Haul KH.Ahmad Mugni diisi dengan pembacaan surah Al Fatihah kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur'an oleh Ustadz H Syarkawi alumni ponpes Nurul Muhibbin barabai.

Diteruskan pembacaan surah yasin dan tahlil oleh Habib Muhammad dari Amuntai kemudian do'a haul yang langsung dipimpin oleh KH Mukhtar pengasuh Ponpes Ibnul Amin Pamangkih.

Dilanjutkan lagi dengan pembacaan ayat suci Al Qur'an oleh Ustadz H. Syamsuddin qari Internasional dari nagara serta ditutup dengan pembacaan do'a salamat oleh yang mulia Habib Hamid Al Habsy.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018