Banjarbaru (Antaranews Kalsel) - Bus wisata milik Pemerintah Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan yang dikelola Dinas Perhubungan disukai masyarakat yang memanfaatkannya sebagai sarana untuk berwisata ke sejumlah kawasan.

"Masyarakat menyukai keberadaan bus wisata dan tidak pernah kosong dari pesanan terutama akhir pekan," ujar Kepala Dishub Kota Banjarbaru Ahmad Yani di Banjarbaru, Kamis.

Ia mengatakan, pemakaian dua unit bus yang dikelola Dishub hampir setiap hari dipinjam baik oleh pengelola sekolah PAUD maupun anak-anak TK sebagai sarana pembelajaran mereka.

Selain itu, peminjamnya juga ada organisasi masyarakat yang memakainya sebagai sarana hiburan mendatangi sejumlah lokasi wisata maupun tempat-tempat khusus di kota itu.

"Bagi anak-anak, tentunya berkeliling kota menaiki bus wisata menyenangkan, sedangkan bagi masyarakat, mereka bisa melihat objek wisata dan berbagai sudut kota melalui bus itu," ungkapnya.

Menurut dia, dua unit bus wisata yang disiapkan Pemkot Banjarbaru memang diperuntukan bagi seluruh masyarakat dan bisa dipinjam sesuai keperluannya terutama mengunjungi tempat wisata.

"Sejak lima bulan dioperasikan sampai sekarang, tidak dikenakan biaya karena masih menunggu peraturan wali kota sebagai dasar hukum. Saat ini siapa yang meminjam justru disubsidi," ucapnya.

Dijelaskan, subsidi yang diberikan berupa subsidi bahan bakar jenis bio solar sehingga biayanya diperhitungkan sesuai harga bahan bakar yang digunakan dan disubsidi separuhnya.

"Langkah itu kami lakukan agar bus wisata lebih dikenal masyarakat sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengunjungi objek-objek wisata baik di perkotaan maupun dipinggiran kota," kata dia.

Diketahui, bus wisata yang digunakan adalah bus modifikasi milik Damri yang dioperasikan sejak tahun 2002 tetapi dimodifikasi sehingga menjadi angkutan khusus ke tempat-tempat wisata.

Dua unit bus melayani destinasi wisata yang tersebar di berbagai lokasi di Banjarbaru dan badan bus dilengkapi gambar dan warna menarik sehingga keberadaannya diketahui masyarakat.

Tempat-tempat wisata yang dilintasi jalur bus seperti lokasi Danau Seran dan Danau Cermin, lokasi pendulangan intan Kecamatan Cempaka, kampung pelangi dan wisata lainnya.

Selain itu, juga bisa mengunjungi wisata dalam kota seperti Hutan Pinus, melintasi Kampung Pelangi dan Kampung Pejabat atau Penjual Jamu Loktabat dan wisata perkotaan lainnya

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018