Martapura, (Antaranew Kalsel) - Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Resnawan memuji keberhasilan program-program pembangunan yang diwujudkan Pemerintah Kabupaten Banjar dibawah kepemimpinan Bupati Khalilurrahman.

 "Program pembangunan berjalan baik dan memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat serta mampu meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian," ujar dia di Martapura, Rabu.

Pernyataan itu disampaikan wagub dalam sambutan pada puncak peringatan HUT Kabupaten ke-68 yang dipusatkan di halaman Kantor Bupati Banjar dihadiri unsur Forkopimda dan undangan.

Menurut dia, sejumlah keberhasilan yang dicapai Bupati Khalilurrahman dan Wakil Bupati Saidi Mansyur diantaranya kemampuan menekan inflasi daerah di bawah 4 persen.

"Keberhasilan menekan inflasi itu sangat membantu masyarakat karena bisa menekan gejolak harga barang kebutuhan pokok sehingga tidak menjadi beban masyarakat," ungkapnya.

 Bahkan, kata dia, keberhasilan itu berbuah penghargaan yang diberikan langsung Presiden Joko Widodo kepada bupati melalui penghargaan sebagai Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) terbaik.

 "Penghargaan lain juga berhasil diraih seperti Kota Layak Anak, meraih adipura hingga penghargaan bidang koperasi yang menunjukan program pemerintah berjalan maksimal," ucapnya.

Ditekankan, keberhasilan itu tidak terlepas dari dukungan masyarakat dan pemangku kepentingan sehingga mereka harus terus dilibatkan agar program yang direncanakan berjalan baik.

"Program pembangunan tidak akan berhasil tanpa dukungan masyarakat dan pemangku kepentingan sehingga mereka harus dilibatkan sehingga ikut berperan dalam pembangunan," kata dia.

Bupati Banjar Khalilurrahman mengatakan, pihaknya menjalankan tiga program prioritas yang merupakan visi-misi Kabupaten Banjar yakni bidang pendidikan, kesehatan dan infrastruktur.

"Program pendidikan diwujudkan melalui pendidikan formal, informal dan keagamaan sehingga selain mampu menghasilkan SDM berkualitas juga memiliki akhlak mulia," ujarnya.

Dikatakan, pembangunan bidang kesehatan diwujudkan melalui program peningkatan sarana prasarana maupun fasilitas kesehatan tingkat dasar yakni Pusat Kesehatan Masyarakat.

 "Kami bersyukur karena 15 Puskesmas sudah memiliki akreditasi dari Kemenkes dan salah satunya adalah Puskesmas Martapura 1 yang menerapkan aplikasi online Sikda Generik," ujar dia.

Sementara, keberhasilan bidang infrastruktur diwujudkan melalui jalan kabupaten maupun jalan desa dalam keadaan mantap dan menjadi pendukung lancarnya arus barang maupun orang.
     "Pembangunan infrastruktur jalan kabupaten dalam kondisi mantap dengan total 537,99 kilometer dan jalan desa kondisi baik sepanjang 783 kilometer," katanya.

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018