Martapura (Antaranew Kalsel ) - Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Resnawan mengapresiasi komitmen Pemerintah Kabupaten Banjar yang mengajak dan meningkatkan partisipasi masyarakat membangun daerah.

"Pemkab Banjar kami nilai berhasil meningkatkan partisipasi masyarakat membangun daerah," ujar wagub pada puncak peringatan hari jadi Kabupaten Banjar ke-68 di Martapura, Rabu.

Ia mengatakan, partisipasi masyarakat dalam pembangunan dilihat dari capaian pembangunan dan prestasi yang diraih Pemkab Banjar dibawah kepemimpinan Bupati Khalilurrahman dan Wabup Saidi.  

Disebutkan wagub di depan seluruh unsur Forkopimda Banjar, keberhasilan yang dicapai dan berbuah penghargaan seperti dijadikannya Martapura sebagai kota layak anak.

Kemudian, penobatan bupati Banjar sebagai tokoh penggiat koperasi Kalsel, penghargaan Pastika Parahita yang telah diberikan Kemenkes karena komitmen penanggulangan bahaya rokok.

"Semua itu membuktikan, Pemkab Banjar sangat memperhatikan kondisi masyarakat mulai menjadikan kota sehat layak anak hingga memperkuat ekonomi kerakyatan melalui koperasi," ucapnya.

Hal lain yang membanggakan bukan hanya bagi masyarakat Banjar tetapi juga Kalsel yakni identitas Kota Martapura ibukota Kabupaten Banjar yang lestari sebagai kota santri.

"Kita semua harus bersyukur karena Banjar dikenal sebagai daerah religius banyak madrasah dan ponpes serta keberadaan ulama pencetak generasi penerus berakhlak mulia," ujarnya.

Ditekankan, peran aktif dan partisipasi masyarakat harus terus ditingkatkan dan mereka diberi ruang seluas-luasnya sehingga punya rasa memiliki sekaligus merasakan hasil program pembangunan.

"Seluruh program yang dijalankan pemerintah tidak akan berhasil dengan baik tanpa adanya dukungan masyarakat sehingga kami meminta terus menggali partisipasi masyarakat," pesannya.

Bupati Banjar Khalilurrahman mengatakan, berbagai keberhasilan yang dicapai tidak terlepas dari upaya bersama dan dukungan seluruh masyarakat serta pemangku kepentingan.

"Program pemerintah tidak akan berhasil tanpa dukungan masyarakat dan pemangku kepentingan sehingga kami terus mengajak masyarakat bersama-sama membangun daerah," katanya.

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018