Amuntai, (Antaranews Kalsel) -Komite Olahraga Nasional Indonesia Kalimantan Selatan berharap Ketua KONI Kabupaten Hulu Sungai Utara periode selanjutnya bisa mempertahankan prestasi KONI yang dinakhodai H.Barkati HB dalam meningkatkan prestasi olahraga.
 
Wakil Ketua bidang Olahraga Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalimantan Selatan Syarifuddin di Amuntai, Rabu mengatakan, banyak kemajuan yang diraih KONI Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) selama dua periode kepemimpinan H.Barkati HB.
 
"Melalui Rapat Koordinasi ini hendaknya dapat mempersiapkan untuk empat bulan kedepan dalam rangka penjaringan dan penyaringan calon Ketua KONI Hulu Sungai Utara agar mampu mempertahankan dan meningkatkan prestasi kepemimpinan sebelumnya," ujar Syarifuddin.

Syarifuddin mengatakan kemajuan prestasi olahraga di Kabupaten Hulu Sungai Utara selama kepemimpinan H. Barkati HB meningkat pesat terllihat dari raihan medali dari berbagai event kejuaraan ditingkat provinsi bahkan Internasional.
 
Sementara Ketua KONI HSU H.Barkati HB mengatakan kunci keberhasilan bidang olahraga di Kabupaten HSU adalah berkat kekompakan dan kebersamaan pengurus KONI serta dukungan Pemerintah Daerah.
 
"Intinya keterbukaan dan kejujuran sehingga antar pengurus KONI terjalin kebersamaan," katanya.

Ia mengatakan jika kondisi internal KONI tidak kondusif maka sulit melakukan pembinaan kepada atlet, apalagi bisa mengantarkan atlet meraih prestasi.

Barkati lantas mengungkapkan strategi yang ia diterapkan selama dua periode memimpin KONI hingga berhasil menggenjot prestasi olahraga diantaranya membebaskan para atlet untuk berlatih dan mengikuti event kejuaraan diluar daerah.
 
"Sesuai pagu anggaran kita juga persilakan pengadaan sarana dan prasarana olahraga yang dibutuhkan," katanya.

Prestasi terakhir yang diraih KONI HSU adalah pada prestasi di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di Kabupaten Tabalong dimana kontingen HSU berhasil berada diperingkat tujuh dengan perolehan sebanyak 20 emas, 24 perak dan 49 perunggu, hanya selisih satu medali dengan Kabupaten Tapin diperingkat enam.

Barkati menilai kepemimpinan KONI sebagai sesuatu yang unik karena memadukan unsur kepemimpinan sebuah lembaga daerah sekaligus perusahaan. 

Sebagai 'perusahaan', pimpinan KONI harus jeli dan cepat mengambil keputusan ketika melihat sebuah peluang untuk berprestasi, disamping penyediaan pendanaan yang selalu siap dikucurkan jika diperlukan.
 
"Tidak jarang kami menggunakan dana pribadi untuk membantu para atlet," tandas Barkati.

Selama kepemimpinannya, Barkati selalu mengirim para atlet berlatih dan mengikuti event kejuaraan di tingkat nasional hingga Internasional sehingga para atlet termotivasi meraih prestasi yang lebih tinggi.

Berbagai prestasi di berbagai cabang olahraga diraih diantaranya Juara 1 Kejurnas cabang Dayung, meraih medali perak cabang Bridge tingkat  SD dan SLTA Kejurnas di Batam.

Pada cabang Atletik Jalan Cepat, Atlet HSU berhasil berada diperingkat 10 di kejuaraan nasional. Demikian pula Binaraga meraih perak di event Nasional.

Terbaru cabang olahraga bersepeda meraih juara satu tingkat nasional yang dilaksanakan PB ISSI.

Pada cabang olahraga Bilyard, atlet Kabupaten HSU juga sempat dipanggil ke Jakarta untuk menghadapi Asian Games 2018.

Atlet Tenis lapangan juga dikirim mengikuti kejuaraan di Malaysia, Singapore dan Australia untuk perbaikan peringkat Internasional.
 
Pada Olahraga Catur atlet junior Kabupaten HSU juga dikirim mengikuti event kejuaraan di China.

Ketua Panitia Rakorkab KONI Kabupaten HSU Mulyadi menginformasikan kepengurusan KONI HSU periode 2014-2018 akan berakhir pada 30 Desember nanti.

Melalui Rakorkab yang dihadiri perwakilan 29 cabang olahraga, pelatih dan para fungsional keolahrgaan salah satunya mempersiapka Ketua dan pengurus KONI baru.

Selain itu, pada Rakorkab kali ini juga disampaikan pembekalan materi mengenai masalah kebijakan sistem keolahragaan daerah oleh nara sumber KONI Kalsel Syarifuddin.

Sedangkan dari KONI HSU menyampaikan rancangan anggaran dan program kerja KONI oleh H. Barkati HB.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten HSU Hasmi Rivai yang membuka Rakorkab juga menyampaikan materi rancangan kebijakan sistem keolahragaan kabupaten/daerah.

Pada Rakorkab KONI HSU ditetapkan persyararan bagi bakal calon Ketua KONI yang nanti diajukan 29 cabor serta membentuk tim penjaringan calon ketua KONI periode 2018-2022 yang diketuai H.Jahri M.AP.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018