Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) terpilih H Achmad Fikry menyatakan dukungannya dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten HSS sehingga dengan penguatan UMKM menjadikan produk makin bersaing di pasaran.

Ia mengatakan, setelah dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad maka hal yang akan dilakukan pihak dia adalah dengan melakukan pengembangan UMKM dengan menjalin sinergi dengan stakeholder terkait, termasuk Bank Kalsel Kandangan.

 

Bupati Terpilih HSS H Achmad Fikry  (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)



Baca juga: Pemkab HSS Dukung Pemasaran UMKM

"Kita akan melakukan pengembangan UMKM melalui  Dinas Tenaga Kerja, Koperasi , Usaha Kecil dan Perindustrian (Dinaskerkop UKP), dengan dukungan Bank Kalsel yang telah memberikan workshop kepada pelaku UMKM,” katanya, saat memberikan keterangan, di sela kegiatan Workshop bagi UMKM di Sanggar Pramuka Kandangan, Rabu (8/8).

Dijelaskan dia, pelaksanaan kegiatan workshop ini menjadi langkah awal, untuk pengembangan UMKM, sehingga produk-produk yang dihasilkan bisa bersaing dengan pengetahuan menghasilkan produk-produk makanan sesuai standar mutu.

Produk tersebut dikemas dengan baik dan menarik, memenuhi syarat dari standar kesehatannya, tahan lama, sehingga bisa masuk Transmart Banjarmasin yang telah memberikan peluang agar produk UMKM HSS dapat dipasarkan disana.

Tentunya pihak Transmart akan melakukan seleksi dan dievaluasi terhadap produk-produk yang akan dijual, makanya penting bagi pelaku UMKM mengetahui produk yang layak jual sehingga bisa memproduksinya agar benar-benar baik dan bermutu.
 

Workshop bagi UMKM HSS bersama Bank Kalsel Kandangan dan Transmart Banjarmasin (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: HSS Perkuat Modal UMKM

Adapun beberapa produk lokal UMKM HSS seperti, Sirup Rozen (Sirup Merah), Madu Loksado, dan makanan ringan jenis keripik, ini menjadi potensi dan ciri khas produk lokal untuk dipasarkan dan bernilai ekonomis untuk meningkatkan pendapatan pelaku UMKM.

"Terpenting juga untuk bisa merubah pola pikir para pelaku UMKM kita agar tidak terjebak dalam rutinitas tapi perlu berkreatifitas untuk menghasilkan produk yang kompetitif, dan melalui dinas terkait kita akan terus bina mereka," katanya.
   

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018