Kandangan (AntaranewsKalsel) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan, berupaya mendukung pemasaran hasil produksi usaha mikro, kecil, dan menengah agar bisa berkembang lebih cepat.

Kepala Dinas Perdagangan Pemkab Hulu Sungai Selatan M. Supiani di Kandangan, Selasa, mengatakan pemasaran menjadi salah satu faktor utama untuk mendorong tumbuhnya industri daerah, selain kualitas hasil produksi.

Dalam mendukung pengembangan pemasaran tersebut, kata dia, pemerintah berupaya membangun jaringan pemasaran industri lokal, antara lain melalui pameran skala lokal, regional, maupun nasional.

Selain itu, tambah dia, peningkatan kualitas produksi dan pengemasan yang lebih menarik dan praktis.

Dalam mendukung pemasaran dan pengenalan produk lokal tersebut, tambah dia, pada 13 hingga 17 November 2017 dilaksanakan pameran UMKM di daerah itu.

Sebanyak 103 gerai disiapkan bagi pelaku industri di Hulu Sungai Selatan Expo 2017 dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Jadi Ke-67 Kabupaten Hulu Sungai Selatan tahun ini.

Ia mengatakan 103 gerai itu merupakan partisipasi dari pemerintah kecamatan, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Satuan Kerja Perangkat Daerah, BUMN/BUMD, yang terdiri atas gerai kuliner dan UKM.

"HSS Expo 2017 merupakan ajang promosi potensi daerah dan info layanan pembangunan yang sedang berlangsung ataupun akan datang," katanya.

Dia menjelaskan dalam kegiatan itu juga ditampilkan kesenian daerah, tausiyah, dan final lomba nyanyi bukan penyanyi.

"Kami juga bakal menilai `stand` terbaik, terkecuali `stand` Dinas Perdagangan saja yang tidak dinilai," katanya.

Bupati Achmad Fikry mengatakan HSS Expo menjadi agenda tahunan pemkab setempat untuk mendukung pengembangan industri sekaligus pertanggungjawaban pemerintah daerah kepada masyarakat dalam bentuk info pembangunan.

"Melalui Kegiatan ini, diharapkan terjadi interaksi secara langsung antara para perajin yang ada di Hulu Sungai Selatan dengan konsumen sehingga dapat membesarkan UKM di daerah," katanya.

Dalam acara pembukaan dilaksanakan penyerahan dana bantuan CSR Bank Kalsel Cabang Kandangan kepada Pemkab Hulu Sungai Selatan dan dilanjutkan dengan pemotongan pita oleh Ketua Dekranasda Hulu Sungai Selatan Isnaniah A Fikry.

Turut hadir dalam acara itu, antara lain Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan Ardiansyah, Sekretaris Daerah M. Ideham, Ketua DPRD Syamsuri Arsyad, serta unsur forkopimda, dan undangan lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017