Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) memperkuat modal usaha mikro kecil dan menengah sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat ekonomi menengah ke bawah.

Bupati HSS H Achmad Fikry di Kandangan Jumat mengatakan, penguatan modal UMKM tersebut antara lain dengan diserahkannya bantuan ekonomi produktif Kelompok Usaha Bersama (KUBE), Program Keluarga Harapan (PKH) kepada warga 10 Desa se Kecamatan Daha Utara.

Menurut Bupati, khusus di Kecamatan Daha Utara terdapat 12 Kelompok penerima manfaat KUBE, dengan jumlah 91 kepala keluarga dengan total bantuan Rp182 juta.

"Bantuan tersebut kita berikan kepada warga yang memiliki usaha sepertu warung, kerajinan tangan, perikanan dan pertanian," katanya.

Bupati menambahkan, penyerahan KUBE sebagai upaya pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat, yang dananya bersumber dari pemerintah daerah. Selain itu, pemerintah telah juga telah memprogramkan pemberian, beras sejahtera, biaya hidup bagi Lansia, dan anak yatim..

Bupati berharap, penerima bantuan agar mampu mengembangkan usahanya, dengan menghitung lebih cermat, selalu berinofasi, dan bekerja keras.

"Jangan sampai karena modalnya sedikit, usahanya habis, karena modalnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari," katanya.

Pemberian bantuan ekonomi produktif KUBE tujuannya untuk meningkatkan pendapatan warga, sehingga warga harus mampu mengembangkan usahanya menjadi lebih baik dan maju lagi.

Kepala Dinas Sosial Hj Siti Erma mengungkapkan, bantuan itu bertujuan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu.

Bantuan tersebut kata dia selanjutnya, digunakan kelompok modal usaha baik untuk pembuatan makanan ringan sampai untuk menjual sembilan bahan pokok sembako.

Ditambahkan duam tiap Kube terdiri dari 10 orang untuk ragam Usaha mereka seperti ada yang penjual gorengan, bakso ada juga yang jual sembako.

"Bantuan ini diberikan agar warga yang kurang mampu bisa menaikan taraf hidup mereka karena ini menjadi modal usaha mereka," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017