Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Tim Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah mengumpulkan keterangan sejumlah saksi terkait peristiwa terbakarnya KM Satya Kencana IX.

Investigator KNKT Nico Maris mengatakan, pihaknya sudah melakukan wawancara dengan penumpang, sopir truk dan awak kapal.

"Saat ini tim sudah di Surabaya  untuk mengumpulkan data informasi di Pelabuhan keberangkatan," katanya kepada Kantor Berita Antara, Selasa.

Nico mengungkapkan, timnya juga masih mengumpulkan berbagai dokumen yang diperlukan. Termasuk pemeriksaan dokumen manifes muatan truk yang ada di atas kapal. 

"Tahap awal investigasi ini kami fokus pengumpulan bahan keterangan dan dokumen dulu," jelasnya.
Sedangkan pemeriksaan di atas kapal, menurut Nico belum bisa dilakukan dalam waktu dekat. Lantaran kondisinya yang belum aman.

"Karena mungkin masih banyak gas-gas di dalam kapal jadi masih menunggu pemilik kapal terkait rencana selanjutnya terhadap kapal tersebut mau diapakan," bebernya.

Nantinya setelah semua pemeriksaan rampung, hasil dari investigasi KNKT akan disampaikan kepada pihak terkait guna ditindaklanjuti untuk tahap berikutnya. Jika ditemukan unsur pidana, maka polisi akan menindaklanjutinya.

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018