Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan memasang papan peringatan di sejumlah titik yang kerap terlihat buaya berkeliaran.

Kepala Seksi Penyelamatan DPKP Kabupaten Kotabaru, Addenan, Senin mengatakan peringatan ini dimaksudkan agar masyarakat berhati-hati saat beraktivitas di sekitar area itu.

"Ini langkah pencegahan atas ancaman adanya buaya, maka kita buat plang-plang ini di beberapa titik agar masyarakat menyadarinya," katanya.

Pemasangan papan peringatan ini merupakan langkah antisipasi yang sementara dapat dilakukan. Hal ini lantaran upaya penangkapan yang dilakukan selama ini belum membuahkan hasil sehingga buaya yang meresahkan masyarakat itu masih berkeliaran.

"Dari beberapa ekor yang dilaporkan masyarakat itu belum bisa kita tangkap atau temukan. Mudah-mudahan nanti ada pihak terkait yang peduli dan turun ke lapangan membantu kita dalam menangani masalah ini," ucapnya.

Keresahan akibat buaya yang berkeliaran salah satunya dirasakan masyarakat yang bermukim di bantaran laut Kelurahan Kotabaru Hilir Kecamatan Pulau Laut Utara. Apalagi buaya itu semakin lama sudah semakin besar.

"Malam-malam kalau air laut surut, ada buayanya timbul di sini. Panjangnya sudah selebar tangan ini," ungkap seorang warga.

DPKP Kabupaten Kotabaru sudah cukup banyak menerima laporan dari masyarakat soal buaya yang berkeliaran di lingkungan mereka. Berbagai upaya pun sudah dilakukan untuk mengamankan satwa dilindungi itu.

Masalah ini juga sudah dikoordinasikan dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSD) Kalimantan Selatan, namun belum ada tindaklanjutnya.

 

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018