Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Komando Distrik Militer (Kodim) 1003 Kandangan menggelar bakti sosial pengobatan massal bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) masih dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 kemerdekaan  Republik Indonesia (RI) dan HUT ke-73 TNI.

Dandim 1003 Kandangan Letkol Inf Suhardi Aji Sriwijayanto, di Kandangan, Minggu (5/8), mengatakan kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian dan kemanunggalan TNI dengan rakyat, dalam mengatasi kesulitan rakyat di wilayah binaan.
 
Bakti sosial pengobatan massal Kodim 1003 Kandangan (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: Peduli korban kebakaran Panggandingan Dandim Kandangan bantu Sembako

"Khususnya dalam membantu rakyat mengatasi kesehatan penyakit penyakit tidak menular atau degeneratif seperti, Hipertensi, Diabetes Mellitus, Stroke diakibatkan pola makan yang belum tepat, yakni jarang mengkonsumsi sayur dan olahraga secara teratur," katanya, disela kegiatan bakti sosial bertempat di Markas Kodim (Makodim) 1003 Kandangan.

Menurut dia, masyarakat harus dibiasakan hidup sehat dan teratur, agar jauh dsri penyakit dan bisa selalu aktif produktif setiap harinya, dan program ini selain bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat di bidang kesehatan, dan  memperkokoh Kemanunggalan TNI dan Rakyat.

Selain itu, juga untuk mengedukasi dan mensosialisasikan masalah hidup sehat dengan mengkonsumsi pola pangan beragam, bergizi seimbang dan aman, sesuai porsi dan aktifitas fisik seseorang. 

Pengobatan massal diikuti 37 orang, selain itu untuk untuk donor darah diikuti sebanyak 62 orang, terdiri dari anggotan TNI 89, Polri 15 serta Persit 35 orang,dan  sunatan mass

Bakti sosial donor darah Kodim 1003 Kandangan (Antarakalsel/Fathur/Ist)

al dikuti sebanyak 26 orang.

Baca juga: Dandim Kandangan bantu 100 sak semen untuk Ponpes Ibnu Said

Ditambahkan dia, TNI  selama ini selalu siap menjaga posisi secara proporsional dan mengendalikan situasi secara profesional, dan TNI beserta pemerintah setempat perlu mengambil langkah strategis dan nyata, sehingga bisa mengawal kebijakan dan program pembangunan pemerintah secara persuasif..

Pengobatan massal ini mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat, mulai dari orang dewasa maupun anak-anak, hal ini bisa dilihat dari antusias warga yang datang untuk mendapatkan pengobatan secara gratis. 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018