Kandangan, Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1003 Kandangan Letnan Kolonel Inf Suhardi Aji Sriwijayanto memberikan bantuan sembako bagi para keluarga korban yang terkena musibah kebakaran di Desa Panggandingan, Kecamatan Daha Utara, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Ia mengatakan, pemberian bantuan tersebut untuk meringankan beban para warga korban yang terkena musibah kebakaran, dan merasa prihatin terhadap warga yang terkena musibah  dan sudah semestinya untuk dibantu.
 
Penyerahan bantuan sembako dari Dandim Kandangan untuk korban kebakaran (Antarakalsel/Fathur/Ist)


Baca juga: Dandim Kandangan bantu 100 sak semen untuk Ponpes Ibnu Said

"Saya juga menginstruksikan Danramil 1003-07 Daha Utara melaksanakan pembersihan lokasi kebakaran di Pasar Tambak Bitin Daha Utara, agar para korban segera bisa menjalani kehidupannya sehari-hari seperti biasa  pasca kebakaran," katanya, disela penyerahan bantuan, Rabu (1/8).

Dijelaskan dia,  apa yang dilakukan pihak dia juga merupakan salah satu bentuk sinergi antara Tentara Nasional Indonesia (TNI)-Polri dalam mengatasi permasalahan masyarakat di wilayah yang mengalami kesulitan. 

Sekaligus bentuk  komunikasi sosial, dengan tujuan membantu kesulitan rakyat,  di mana TNI sebagai penggagas, pemerintah dan komponen masyarakat bergotong-royong dalam menyelesaikan kesulitan, baik yang terkena bencana maupun membutuhkan bantuan.
 
Penyerahan bantuan sembako dari Dandim Kandangan untuk korban kebakaran (Antarakalsel/Fathur/Ist)


Baca juga: Dandim Kandangan instruksikan pasang spanduk waspada Karhutla

Dalam penanganan pasca bencana kebakaran, dandim  nampak berbaur bersama-sama aparat di bawahnya,  perangkat desa, camat, polsek dan lainnya membersihkan puing-puing bekas kebakaran sehingga tidak berserakan.

Walaupun tidak ada korban meninggal atau luka, namun berdasarkan data yang dihimpun, kebakaran ini telah menimpa korban antaralain, tiga  unit rumah rusak berat, tiga  rusak sedang dan dua rusak ringan. 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018