Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Penjabat(Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS)  H.Dahnial Kifli  menutup secara resmi bimbingan manasik haji bagi Jemaah Calon Haji(CJH)  Kabupaten HSS tahun 2018, yang digelar Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten HSS.

Dahnial, di Kandangan, Senin (30/7), mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada narasumber, para tuan guru dan ustadz serta semua pihak yang telah memberikan materi atau pengetahuan selama kegiatan manasik berlangsung.

"Harapan saya  apa yang telah disampaikan para narasumber menjadi amal ibadah dan berguna, serta menjadi bekal yang cukup bagi  jamaah calon haji dalam menunaikan ibadah haji nanti," katanya saat memberikan sambutan, bertempat di Mesjid Ar – Raudah, Kandangan.

Ia mengingatkan,  agar seluruh jamaah calon haji, dapat memanfaatkan waktu yang tersisa sebelum berangkat dengan sebaik–baiknya dengan mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan dengan secermat mungkin.
 

Penutupan manasik haji HSS (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Dahnial Kifli minta JCH HSS jaga kekompakan di tanah suci

Hal ini untuk mendukung kelancaran dan kekhusyu'an ibadah haji nantinya, menjaga kondisi kesehatan dengan sebaik–baiknya sehingga rukun haji dapat dilaksanakan dengan baik.

Tak lupa, ia mengucapkan terimakasih kepada jajaran Kantor Kementrian Agama Kabupaten HSS, para pendamping calon jemaah haji yang telah memberikan usaha terbaik demi terlaksananya kegiatan manasik haji tahun ini.
 
Ia berpesan, para jemaah calon haji untuk menjaga nama baik HSS, menjaga kerukunan selama ibadah haji, saling toleransi sesama jemaah haji dan pulang mendapat haji yang mabrur.

Khusus kepada petugas baik petugas kesehatan, ia  berharap supaya bisa bertugas sebagaimana mestinya, selalu sehat dan selalu semangat membantu para calon jemaah haji. 

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten HSS H.Saribuddin, mengatakan JCH  akan berangkat ke tanah suci dimulai persiapan hari Kamis (9/8), berangkat pukul  06.00 Wita pagi ke Asrama Haji dan pada hari Jumat (10/8) JCH akan berangkat ke tanah suci.

Untuk pelaksanaan manasik haji di kecamatan sudah selesai dilaksanakan sebanyak delapan kali pertemuan dan dilanjutkan di kabupaten sebanyak dua kali pertemuan.
 

Penutupan manasik haji HSS (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: 284 orang calon jamaah haji HSS ikuti bimbingan manasik

"Ada 3 jemaah haji yang tidak bisa berangkat satu diantaranya meninggal dunia, adapun segala perlengkapan JCH sudah siap seperti tas dan lain sebagainya," katanya.

Keberangkatan JCH akan difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS  dari daerah ke embarkasi dan pulangnya dari embarkasi ke daerah.

Diakhir acara, Pj Bupati HSS menyerahkan bendera Kabupaten HSS kepada Ketua Kloter 15 H.Fathurrahman, sebeluymnya kegiatan ini diawali dengan shalat hajat, pembacaan Surah Yasin dan juga tahlil.

Turut hadir, Pimpinan Pondok Pesantren Dalam Pagar Kandangan KH.Ahmad Syairazi, para ulama, para guru agama, Dandim 1003 Kandangan Letkol Inf Suhardi Aji Wijayanto, Kapolres HSS AKBP.Rahmat Budi Handoko, Camat Kandangan Ronaldy Saputra dan para pendamping JCH.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018