Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Polda Kalsel bakal memasang satelit VSAT IP (Very Small Apperture Terminal berbasis Internet Protocol) di enam Polsek yang berada di daerah terpencil guna memenuhi membutuhkan koneksi internet di kawasan tersebut.

"Support pengadaan internet ini untuk mendukung aplikasi Sasirangan, jadi bisa mengcover pelaporan yang dilakukan Bhabinkamtibmas," terang Kepala Bidang Teknologi Informasi (Kabid TI) Polda Kalsel AKBP Widiatmoko, Jumat.

Adapun enam titik yang bakal dilengkapi satelit VSAT IP, yakni Polsek Aluh-Aluh (Polres Banjarbaru), Polsek Belimbing (Polres Banjar), Polsek Piana (Polres Tapin), Polsek Loksado (Polres Hulu Sungai Selatan), Polsek Danau Panggang (Polres Hulu Sungai Utara), dan Polsek Jaro (Polres Tabalong).

"Survei pemasangan jaringan ini dilakukan pekan depan langsung oleh Div TI Mabes Polri. Jaringannya sudah mencakup internet, intranet (Private Network) maupun telepon," papar Widiatmoko.

Dia mengakui selama ini anggota Polri di wilayah setempat mengalami sedikit kendala terkait lemahnya sinyal jaringan internet. Bahkan untuk mencari sinyal yang terbilang cukup bagus, petugas harus menempuh jarak 20 hingga 30 kilometer dari Mapolsek.

"Pemanfaatan kecanggihan teknologi informasi tentu sangat membantu tugas-tugas Kepolisian untuk mendukung penjabaran Program Promoter Kapolri Jenderal Tito Karnavian," jelas mantan Wadir Binmas Polda NTB itu.
 
Widiatmoko pun mengungkapkan jika aplikasi Sasirangan yang digagas Kapolda Kalsel Irjen Pol Rachmat Mulyana kini sudah digunakan 18 ribu lebih masyarakat, dan anggota Polda Kalsel beserta seluruh jajaran Polres siap siaga memberikan pelayanan kapan pun dan dimana pun pengguna aplikasi berada.

"Keberadaan aplikasi Sasirangan diharapkan bapak Kapolda untuk bisa mendekatkan anggota dengan masyarakat, sehingga tidak ada alasan lagi masyarakat tak terlayani. Hanya melalui handphone, polisi tiba di lokasi tak sampai tiga menit jika menekan tombol darurat," katanya.

Sesuai dengan akronim dari Sasirangan, yakni Selalu Aktif dan Siaga, Masyarakat Senang dan Nyaman, satu aplikasi Kepolisian untuk Banua milik Polda Kalsel ini memang memiliki banyak keunggulan.

Dengan beragam fitur seperti SPKT Online, Info Masyarakat, Laporan Masyarakat, Laporan Bhabinkamtibmas, Informasi Layanan, SKCK dan Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP), mudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan Polri.

Pewarta: Firman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018