Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) turut memberikan kontribusi dalam pendidikan demokrasi di daerah, khususnya pada pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) dalam rangka meningkatkan kompetensi wawasan dan kemampuan anggota DPRD.

Rektor ULM Prof Dr H Sutarto Hadi menyampaikan, bahwa ULM sudah bekerjasama dengan seluruh DPRD Kabupaten dan Kota di seluruh Kalsel bahkan hingga Kalimantan Tengah.

"Saya berharap kerja sama ini terus berlanjut agar dari masing masing DPRD Kabupaten/Kota di Kalsel dan Kalteng tidak perlu melaksanakan Bimtek di luar daerah yang akan berdampak pada efektifitas dan efisiensi dalam penggunaan anggaran," terangnya di Banjarmasin.

Menurut Sutarto, para akademisi yang memiliki pengalaman praktis kerap jadi narasumber dalam bimbingan teknis dalam pendalaman tugas anggota DPRD.

"Bimbingan teknis bertujuan untuk memberikan pemahaman bagaimana tugas dan fungsi dari anggota di DPRD," jelasnya.

Adapun Bimtek yang baru-baru ini kembali digelar dengan bekerja sama dengan ULM adalah DPRD Kabupaten Kotabaru.

Bimtek tersebut mengangkat tentang  Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Kabupaten dan Penyusunan APBD tahun 2019, dengan materi mengenai penyusunan dan evaluasi peraturan tata tertib DPRD Kabupaten sesuai dengan PP No.12 Tahun 2018 serta penyusunan dan pembahasan APBD Tahun 2019 sesuai dengan Permendagri No.38 Tahun 2018.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018