Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) kembali meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) dan MTsN 1 Hulu Sungai Selatan sebagai penerima penghargaan Sekolah Ramah Anak(SRA) Terbaik l (satu) Tahun 2018 untuk tingkat MTs se-Indonesia dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Yohana Susana Yembise.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA) HSS Hj.Is Susilastuti, di Surabaya,  Senin (23/7), mengatakan, penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi pemerintah pusat melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia kepada Kabupaten HSS yaitu, baik untuk kabupaten serta sekolah yang memberikan perhatian cukup besar terhadap anak.

"Suatu hal membanggakan khususnya untuk Pemerintah  Kabupaten (Pemkab) HSS yang telah memperoleh penghargaan KLA dengan telah memberikan hak hak anak, begitu juga dengan MTsN 1 HSS memperoleh penghargaan Sekolah Ramah Anak (SRA)  yang telah memberikan lingkungan bersih, sehat dan aman," katanya.
 
Penyerahan Penghargaan KLA tahun 2018 (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: HSS workshop model solusi strategis pengendalian dampak kependudukan

Dijelaskan dia,  Penghargaan KLA dan  SRA untuk Kabupaten HSS ini diterima Penjabat (Pj) Bupati HSS H.Dahnial Kifli, diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan  Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise, dalam rangkaian acara kegiatan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2018, di Gedung Dyandra Convention Center, Kota Surabaya, Jawa Timur, Senin(23/7).

Dengan adanya penghargaan ini, diharapkan dia ditahun selanjutnya HSS terus dapat meningkatkan status yang disandang sebagai Kabupaten Layak Anak setelah ditahun 2017 juga telah mendapatkan penghargaan KLA, Sekolah Layak Anak dan program lain dalam rangka pemenuhan dan perlindungan anak di Kabupaten HSS.

Pj Bupati HSS H.Dahnial Kifli, mengatakan  ada tujuh yang meraih KLA dari tiga belas Kabupaten dan Kota di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang mendapatkan penghargaan KLA, salah satunya yaitu kabupaten HSS.
 
Penyerahan Penghargaan KLA tahun 2018 (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Kader PPKBD HSS Perkuat Kinerja Penyuluh KB

Menurut dia, agar predikat pratama pada tahun 2019 nanti bisa memperoleh predikat Madya dengan menyiapkan dan menyusun program-programnya  untuk meningkatan predikat, pada ajang penghargaan Kabupaten Layak Tahun 2019.

"Saya memotivasi saat penilaian tahun 2019 nanti pihak-pihak terkait untuk bergotong royong meningkatkan fasilitas dan integritas yang ada di sekolah-sekolah dan di Kabupaten HSS," katanya. 

Maka tidak hanya kategori SRA yang diraih, tetapi kategori kategori lain dari kementrian, khususnya kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
 
Penyerahan Penghargaan KLA tahun 2018 (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Dinas PPKBPPPA HSS Gelar "Coffe Morning"

Ditambahkan dia, raihan penghargaan ini merupakan suatu  kebanggaan serta Pemerintah  HSS mengapresiasi kepada instansi terkait, khususnya Dinas PPKBPPPA HSS karena telah menghantarkan Kabupaten HSS memperoleh dua penghargaan yakni, KLA dan SRA di tahun 2018.
 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018