Barabai, (Antaranews Kalsel) - Plt Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H A Chairansyah mengingatkan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab HST agar netral di saat tahun politik.

Hal tersebut disampaikannya saat menjadi pembina apel senin pagi (23/7) di halaman kantor Bupati HST.

Menurutnya di tahun 2018 dan menjelang 2019 ini, situasi dan suhu politik memang sedikit meningkat dan tahapan-tahapan Pemilu sudah mulai dilaksanakan namun diharapkan seluruh ASN tetap bersifat netral.

"PNS tetap harus menjadi panutan dan contoh serta tauladan di masyarakat, baik di daerah maupun di lingkungan tempat tinggal," tegasnya.

Diterangkannya Dia selalu menyampaikan perihal tersebut setiap kali pertemuan dengan masyarakat bahwa netralitas ASN menjadi salah satu topik utama dalam situasi politik saat ini.

Hal itu berkaca dari banyaknya kasus yang pernah menimpa para ASN yang tidak netral pada saat pelaksanaan pemilihan umum baik itu pemilihan bupati atau walikota, gubernur maupun nantinya Pemilu legislatif baik di tingkat pusat, provinsi dan daerah.

"Para ASN yang tidak netral tersebut saat ini menjalani perkara hukum dan mendapat sanksi atas ketidak netralannya tersebut, baik secara institusi maupun secara sosial di masyarakat," tambahnya.

Untuk itu H A Chairansyah berharap ASN di HST tidak terlibat masalah hukum terutama pada situasi suhu politik yang memanas saat ini begitu juga dengan masalah hukum yang lain jangan sampai terlibat.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018