Banjarbaru (Antaranews kalsel) - Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mengimbau jamaah calon haji fokus menjalani rangkaian ibadah haji selama berada di tanah suci sehingga bisa meraih pahala dan hajinya mabrur. 

 "Setiap jamaah calon haji harus ikhlas dan menetapkan niat hanya untuk beribadah sehingga harus fokus menjalani rangkaian ibadah selama di tanah suci, " ujarnya di Banjarbaru, Kamis. 
 
Pernyataan itu disampaikan gubernur Kalsel saat melepas keberangkatan JCH kelompok terbang 1 Embarkasi Banjarmasin di aula Jeddah asrama haji Landasan Ulin Kota Banjarbaru.

Menurut gubernur, ibadah haji bukan sekedar ibadah fisik, tetapi juga spiritual sehingga memerlukan kekuatan fisik dan mental selama berada di tanah suci menjalani setiap rangkaian ibadah haji. 
 
"Persiapan bagi setiap jamaah bukan hanya fisik tetapi juga mental karena selama di tanah suci banyak ujian yang harus dihadapi sehingga harus sabar dan ikhlas menghadapi semuanya, " pesannya. 
 
Kepala Kantor Wilayah (kanwil) Kementerian Agama Kalsel Noor Fahmi meminta, JCH mengurangi aktivitas fisik di luar ibadah wajib atau melaksanakan aktivitas yang berlebihan terutama di luar ruangan. 

"Utamakan ibadah yang wajib dari pada yang sunnah atau yang sifatnya afdholiah kalau tidak memungkinkan, sehingga fisik sehat dan mental juga kuat menghadapi berbagai ujian di kota suci," ucapnya.
 
Selain itu, JCH juga diimbau untuk istirahat dengan tidur yang cukup, memakai pelindung kulit ketika beraktivitas di luar ruangan, makan makanan bergizi, dan menjaga pola hidup bersih hingga selalu sehat. 
 
"Perbanyak minum air putih dan jangan menunggu haus baru minum, minimal 200cc setiap dua jam agar tubuh sehat dan kuat menjalani rangkaian ibadah haji sejak awal hingga akhir," ujarnya. 

Sementara itu, kloter perdana BDJ 01 asal Kota Banjarmasin berjumlah 323 JCH ditambah petugas dengan rincian 315 JCH, 3 TPHD dan lima orang petugas yang selalu siap dalam mendampingi jamaah.
     Selama berada di asrama haji, JCH mengikuti berbagai kegiatan menjelang keberangkatan yakni pemeriksaan kesehatan, maupun penyerahan dokumen seperti paspor, dan uang biaya hidup (living cost).
     Kloter perdana asal Banjarmasin telah diberangkatkan tepat waktu pukul 14.35 Wita menggunakan pesawat Garuda Indonesia tipe Air Bus 330 seri 200 dan tiba di Madinah pukul 19.35 WAS.***4***

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018