Barabai, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 302 orang jamaah calon haji di lepas oleh Plt Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H A Chairansyah usai shalat hajat bersama di Pondopo Bupati HST, Rabu (18/7).

Kepala Kementerian Agama HST H Saifuddin menyampaikan ratusan jamaah tersebut tergabung dalam kloter 03 Banjarmasin dan gelombang pertama
 sesuai jadwal akan berangkat pada tanggl 22 juli 2018.

"Menuju asrama haji sekitar pukul 08.00 wita, keberangkatan menuju Madinah pada hari Senin tanggal 23 juli 2018 pukul 05.45 wita," katanya.

Sedangkan pulang ke tanah air diperkirakan pada tanggal 2 September 2018 dari Jeddah sekitar pukul 08.45 waktu setempat.

Selanjutnya akan tiba di Banjarmasin pada tanggal 3 September 2018 sekitar pukul 00.50 wita.

Dari 302 orang positif berangkat, satu orang jamaah atas nama Rahmadi asal Tabudarat menunda keberangkatannya karena sakit stroke. Jadi jumlah jamaah haji HST adalah 299 ditambah dua orang TPHD jadinya berjumlah 301 orang.

Adapun rinciannya yaitu 138 jamaah laki laki dan 163 jamaah perempuan, untuk jamaah yang tertua atas nama Syahran bin Sukeran umur 73 Tahun dan jamaah yang temuda atas nama Muhammad Al Amin umur 25 tahun.

Chairansyah mengucapkan selamat jalan kepada para calon jamaah haji HST untuk menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekkah dan Madinah.

"Semua ini karena panggilan Allah secara khusus terhadap kita semua dan marilah kita mantapkana niat hanya semata mata untuk beribadah kepada Allah," katanya.

Dia juga berharap agar para jamaah selalu mempelajari dan mengulangi lagi tentang manasik haji agar dapat kesempurnaan dalam melaksanakan.

"Jagalah kekompakan dan saling bantu-membantu sesama jamaah, jaga nama baik daerah selama berada di negeri orang," katanya.

Khusus kepada petugas atau pembimbing, Chairansyah minta untuk benar-benar diperhatikan, diayumi dan dibantu para jamaah yang mempunyai masalah.

"Apabila ada sesuatu hal yang tidak diinginkan, jalin komunikasi dengan baik sehingga jamaah merasa aman dan khusyu dalam menjalani ibadah haji," harapnya.

Disamping itu Dia juga titip doa kepada para jamaah  untuk sentiasa mendo'akan banua agar terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan sehingga Bumi Murakata aman, damai dan semakin sejahtera.
 

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018