Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Selatan Edy Ariansyah menyatakan, bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI berkurang empat dari sebelumnya 19 orang.

Menurut dia di Banjarmasin, Kamis, berkurangnya jumlah kontestan bakal calon senator ini sesuai hasil penyerahan berkas persyaratan dukungan yang sudah diverifikasi faktual hingga ditutup Rabu (11/7) pukul 24.00 WITA.

 "Hingga ditutupnya pendaftaran, ada empat orang yang tidak mendaftar kembali, yang mengajukan pendaftaran hanya 15 orang dari awalnya 19 orang hingga pukul 24.00 WITA kemarin malam," katanya.

 Menurut dia, dari empat bakal calon yang dinyatakan gugur atau mengundurkan diri itu hanya Syaifullah Tamliha yang datang ke KPU Kalsel menyerahkan surat resmi pengunduran dirinya.

 "Kalau tiga bakal calon lainnya, yakni Hasanuddin Murad, Habib Ahmad Bahsyim dan Favi Aditya Ikhsan tidak datang ke KPU," kata Edy.

 Padahal, kata dia, pihaknya sudah intensif menginformasikan kepada semua bakal calon anggota DPD terkait dengan tahapan dan jadwal yang akan berakhir pada pukul 24.00 WITA.

Menurut dia persyaratan bakal calon anggota yang telah mendaftar akan dilakukan?verifikasi administrasi syarat calon pada 12 sampai 18 Juli 2018.

 "Memenuhi syarat atau tidaknya sebagai calon, bisa dilihat dari hasil verifikasi yang akan diumumkan pada 19 Juli 2018 kepada bakal calon," katanya.

Setelah itu, menurut Edy, penyerahan perbaikan syarat calon dan perbaikan syarat dukungan yang kurang dari 2.000 dengan sebaran 50 persen Kabupaten/Kota dilakukan pada tanggal yang sama, yakni pada 21 hingga 24 Juli 2018.

 "Jadi ada dua hal yang bisa dilakukan perbaikan. Pertama, untuk syarat dukungan bakal calon anggota DPD RI. Kedua, untuk syarat calon anggota DPD RI," katanya.

Adapun lima belas bakal calon anggota DPD RI Dapil Kalsel untuk memperebutkan empat kursi pada Pemilu 2019 tersebut adalah Gusti Farid Hasan Aman (mantan anggota DPD RI dua priode), Habib Hamid Abdullah (anggota DPD RI), Habib Abdurrahman Bahasyim (anggota DPD RI), H Samsani, M. Aunul Hadi Idham Chalid (mantan Bupati Hulu Sungai Utara).

 Kemudian, Antung Fatmawati (anggota DPD RI), Soegeng Soesanto (mantan anggota DPRD Kalsel), Adhariani (mantan anggota DPD RI), Muh Ihsanuddin, Habib Ahmad Baharun, Suryani Siddiq, Agustin Nur Martina Putri.

Selanjutnya ada HM Sofwat Hadi (anggota DPD RI), H Hesly Junianto (mantan pejabat Pemkot Banjarmasin) dan Sayid Zakaria Bahasyim.

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018