Pontianak, (Antaranews Kalsel) - Kementrian Riset dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristek Dikti RI) Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah XI memberikan Sosialisasi Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTER) kepada perguruan tinggi swasta (PTS) di Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Kamis (12/07/2018).

Kegiatan yang terpusat di Ballroom Hotel Golden Tulip Pontianak ini, di ikuti oleh 176 peserta, yang terdiri dari unsur pimpinan PT, tenaga pendidik (Dosen), Operator PDDikti dari berbagai perguruan tinggi swasta yang ada di Kalimantan Barat. 

Koordinator Kopertis Wilayah XI Kalimantan, Prof Idiannor Mahyudin, menyampaikan pentingnya Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTER). Pada hari ini juga Kopertis Wilayah XI meneruskan salah satu amanah Presiden RI dan Menristekdikti RI untuk terus meningkatkan mutu PTS di pulau Kalimantan. 

SISTER Ristekditi atau Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi dikembangkan oleh Kemenristekdikti RI, Setiap dosen memiliki berbagai informasi terkait dengan aktivitas tridarma, mulai dari latar belakang pendidikan, aktivitas pengajaran, aktivitas penelitian, aktivitas pengabdian kepada masyarakat, dan aktivitas pendukung.
 
. (Muhuammad Adie Karya/Antaranews Kalsel)

"Seringkali data-data formal terkait aktivitas-aktivitas tersebut masih berhamburan, tidak terarsip dengan baik, sehingga apabila diperlukan kesulitan dalam menemukannya. SISTER ini bertujuan untuk meningkatkan karier dosen, meningkatkan mutu dosen dan merekam setiap aktivitas dosen dalam menjalankan Tridharma," kata Prof Idiannor.

Melalui SISTER, setiap dosen dapat membangun portofolio yang mengkompilasikan seluruh aktivitas tridarma yang pernah dilakukannya. Melalui SISTER juga, portofolio tersebut dipakai untuk proses-proses pengembangan karir dosen.

Data yang ada di portofolio dapat diklaim dalam proses penilaian angka kredit, sertifikasi dosen dan proses lainnya. Kemudian asesor / reviewer melakukan penilaian aktivitas dan produk yang telah diklaim tersebut. 

"Kepada para dosen, terus jalankan tridharma dengan fokus agar jabatan fungsional terus meningkat. Kita akan dorong menjadi guru besar, kesempatan bapak ibu sama dengan dosen yang ada di PTN. Kepada operatornya nanti juga harus fokus dalam mempelajari ini, tugas operator yang akan menjalankan juga sangat mulia, membantu dosen dosen PTS kita," pesan Prof Idiannor  kepada seluruh peserta

Selain itu, tambah dia, berkat dukungan dan bimbingan Menristekdikti dan dukungan Kemenristekdikti, Kopertis Wilayah XI telah mendapatkan penghargaan dari APTISI Pusat sebagai Kopertis terbaik nasional dalam melakukan pembinaan dan percepatan Akreditasi terbanyak" Tambah Prof Idiannor dalam sambutan pembukaan.

Selanjutnya dalam acara ini, pengarahan juga diberikan oleh Sekretaris Direktorat Sumber Daya Iptek Dikti, Prof John Hendri.
 
. (Muhuammad Adie Karya/Antaranews Kalsel)

Pada kesempatan ini, Prof John Hendri menyampaikan latar belakang perbaikan layanan dalam sumber daya di Kemenristekdikti. Dengan banyaknya berkas yang diajukan untuk kenaikan pangkat di kementerian, menumpuknya arsip berkas sumber daya, banyaknya aplikasi sumberdaya sebelumnya. Maka dikembangkanlah SISTER, sebuah sistem informasi yang akan mengintegrasikan sumber daya yang ada di Kemenristekdikti.

"SISTER sudah terintegrasi dengan Aplikasi PD Dikti, SERDOS, dan SINTA sehingga akan mereduksi kesalahan dalam pengisian data, portofolio histori Tridharma, memberikan informasi terkait pengembangan sumber daya, memberikan informasi untuk kebutuhan peningkatan kualitas sumber daya dan Kompetensi setiap wilayah," katanya.

Kesungguhan, tambah dia, pengisian data pada SISTER oleh PTN, PTS dan masing masing Kopertis, akan sangat membantu kementerian dalam pengembangan kompetensi tenaga pengajar, pengambilan kebijakan pemerintah khususnya Kemenristekdikti dalam menyalurkan beasiswa, dan program peningkatan sumber daya.

Muhammad Adie Karya/Humas Kopertis Wilayah XI Kalimantan

Pewarta: .

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018