Pontianak (Antaranews Kalsel) -  Kementrian Riset dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristek Dikti RI) bersama Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah XI  melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Online Jurnal Sistem (OJS) kepada perguruan tinggi swasta di Kalimantan Barat, Senin (9/07/2018).

Kegiatan yang di laksanakan di Ballroom Hotel Gajahmada tersebut, diikuti oleh puluhan tenaga pendidik atau dosen dari berbagai perguruan tinggi swasta yang ada di Kalimantan Barat.

Beberapa perguruan tinggi yang hadir dalam kesempatan tersebut adalah Universitas Panca Bhakti (UPB) Pontianak, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, AMKI Ketapang, Universitas Muhammadiyah Pontianak (UMP), STKIP Melawi dan masih banyak lagi.

Dari pantauan, tampak Kegiatan tersebut berlangsung dengan baik dan penuh suasana Akademik. Para peserta pun tampak serius mengikuti kegiatan tersebut.

Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan kualitas penelitian dari perguruan tinggi swasta yang ada di Kalimantan Barat, dengan bisa di publikasikan dan di akses oleh semua orang melalui situs online.
 
. (Antaranews Kalsel/Humas Kopertis)

Kasi Akademik dan kemahasiswaan kopertis wilayah XI Kemenristek Dikti Surya Apriadi mengatakan, tujuan dari pelaksanaan kegiatan tersebut adalah untuk mendorong perguruan tinggi swasta yang ada di Kalimantan Barat agar memasukan hasil penelitiannya kedalam jurnal, Senin (9/07/2018).

"OJS ini kan intinya adalah Online Jurnal Sistem, artinya bila iya ingin membuat sebuah penelitian dan lain sebagainya harus di masukkan jurnal. Jadi setiap dosen yang ingin membuat penelitian dan lain sebagainya, minimal harus masuk jurnal elektronik atau jurnal internasional. Itu intinya dari pelaksanaan ini," ujarnya.

Surya menambahkan, saat ini sudah banyak juga dosen yang menguasai sistem OJS tersebut. Sehingga bagi menguasai atau belum memiliki OJS di tempat nya, di harapkan nantinya akan di buat OJS ditempatnya masing-masing.

Sedangkan untuk sistem kerja, nantinya setiap dosen yang ada di perguruan tinggi swasta di Kalimantan Barat akan meng-upload sendiri gas penelitiannya sesuai dengan jurnal yang mereka inginkan.

"Untuk sistem kerjanya, setiap dosen yang sudah membuat penelitian yang akan meng-upload dengan diberikan password untuk bisa masuk ke jurnal yang mereka inginkan," tambah Surya.

Surya menjelaskan, Kemenristek Dikti juga memfasilitasi para dosen yang melakukan penelitian. Salah satunya adalah dengan menyiapkan sebuah sistem Sinta, yang nantinya penelitian para dosen bisa diupload ke sistem tersebut.
 
. (Antaranews Kalsel/Humas Kopertis)

"Untuk yang difasilitasi oleh Kemenristek Dikti adalah dengan diupload ke salah satu sistem, yakni Sinta. Jadi para dosen bisa saja memasukkan penelitiannya ke sistem tersebut," jelasnya.

"Acara ini akan secara maraton dilanjutkan untuk perguruan tinggi swasta (PTS) di Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalsel dan Kalimantan Tengah.
 
Peserta diharuskan serius dan fokus dalam mengikuti kegiatan ini, agar PTS dan tenaga pengajar dapat menjalankan tridharma perguruan tinggi dengan baik, profesional dan optimal. Agar PTS dapat menuju Akreditasi minum B,  begitu pesan Koordinator Kopertis Wilayah XI, Prof Idiannor Mahyudin" Surya tambahkan

Adapun target dari pelaksanaan kegiatan tersebut menurut Surya, Kemenristek Dikti menargetkan setiap perguruan tinggi yang ada harus sudah membuat Online Jurnal Sistem (OJS) terutama yang ada di Kalimantan Barat. Minimal dengan sudah membentuk Tim OJS diserap perguruan tingginya masing-masing.

Kegiatan itu sendiri dihadiri oleh para Tenaga pendidik (Dosen) perguruan tinggi swasta yang ada di Wilayah Kalimantan Barat. Tidak kurang dari 40 perguruan tinggi yang ada di Kalimantan Barat yang hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. 

Muhammad Adie Karya/ Humas Kopertis Wilayah XI Kalimantan

Pewarta: .

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018