Pelaihari, (Antaranews Kalsel)- Wakil Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan H Sukamta mengatakan, Pemerintah Kabupaten Tanah Laut bertekad pada APBD 2018 meningkatkan pendapatan asli daerah melalui pajak bumi dan bangunan.
     

"Sektor pajak bumi dan bangunan (PBB) salah satu sektor yang memiliki peluang cukup besar untuk meningkatkan pendapatan asli daerah," ujar Wakil Bupati Tanah Laut H Sukamta, di Pelaihari.
     
Menurut dia, dibidiknya sektor PBB karena dalam kurun waktu 10 tahun nilai jual objek pajak (NJOP) tentunya terjadi perubahan harga tanah, terutama dipinggiran jalan negara ibukota kabupaten.
     
Dengan demikian, sebut dia, sektor PBB sangat potensial besar untuk digali sebagai salah satu sumber pendapatan asli daerah bagi Kabupaten Tanah Laut.
     
Selain PBB, jelas dia, masih ada sektor lain yang dapat digali potensi pendapatan asli daerah Tanah Laut melalui dinas teknis diminta melakukian pengelolaan pendapatan asli daerah.
     
Lebih lanjut dia mengemukakan, pendapatan asli daerah juga menjadi pertanyaan bagi fraksi di DPRD Tanah Laut, terutama pendapatan asli daerah  pada tahun 2017 mengalami penurunan.
     
Dengan adanya masukan tersebut, terang dia, maka hal itu menjadi perhatian Pemkab Tanah Laut dalam upaya meningkatkan pendapatan asli daerah pada tahun-tahun mendatang.
     
"Mudah-mudahan upaya yang kita lakukan dapat berhasil menaikan pendapatan asli daerah bagi Kabupaten Tanah Laut,"tandasnya.


 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018