Rantau, (Antaranews Kalsel) - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati HM Arifin Arpan - Syafruddin Noor memperoleh 100 persen suara dengan total 6.305 suara sah dan tanpa memberikan satu suara pun ke kotak kosong di Kecamatan Hatungun.

Hal tersebut terlihat dari hasil rekapitilasi pada Rapat Pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Kabupaten Tapin hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 di aula Pendopo Balahendang Rantau pada Kamis (5/7). 

Dari hasil rapat pleno tersebut, pasangan HM Arifin Arpan - Syafruddin Noor unggul 80,89% atau 85.826 suara dari lawannya yakni kotak kosong yang hanya memperoler 20.278 suara.

Ketua KPU Kabupaten Tapin, Hj Henny mengatakan dari hasil rapat pleno hari ini diketahui partisipasi pemilih pada Pilkada 2018 di Tapin ini sebanyak 86,48 persen dari total daftar pemilih tetap (tetap) yakni 129.443.

"Jadi dari DPT di Kabupaten Tapin tersebut, sebanyak 111,924 memberikan hak pilihnya pada 27 Juni kemaren," ujarnya.

Dari hasil rapat pleno terbuka tersebut, tentunya pasangan HM Arifin Arpan - Syafruddin Noor walau hanya melawan kotak kosong, ternyata masih mendapat perlawanan.

Terlihat di Kecamatan Tapin Utara, pasanagan petahana hanya mampu meraup 7926 suara, sementara untuk lawannya yakni kotak kosong meraih 5127 suara.

Sementara di Kecamatan Bakarangan, kolom bergambar meraih sebanyak 3026 suara, sementara kotak kosong meraih 2140 suara.

Selain itu, di Kecamatan Binuang, Pasangan petahana meraih suara 19.035 suara dan kotak kosong raih 418 suara. 
 
Hasil perolehan suara Pilkada Kabupaten Tapin 27 juni 2018 (KPU)

Sebelumnya Pj Bupati Tapin Gusti Syahyar mengatakan rasa syukur atas keberhasilan Pilkada Tapin dengan partisipasi masyarakat yang mencapai 86 persen lebih.

"Tapin bisa menjadi contoh bagi daerah lainnya dalam pelaksaan pilkada, ternya walau hanya  satu paslon, namun antusias masyarakat terhadapat pesta demokrasi ini tetap tinggi," ujarnya.

Ia pun berharap, Pilkada di Tapin ini bisa terus berjalan aman, damai dan tanpa kendala hingga pelantikan Bupati dan Wakil Bupati nanti.





 

Pewarta: Muhammad Husien Asyari

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018