Paringin, (Antaranews Kalsel) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balangan meminta agar pemerintah segera memperbaiki seluruh ruas jalan yang rusak.

Ketua DPRD Kabupaten Balangan, H Abdul Hadi, mengatakan  dari pemantauan yang di lakukan, setidaknya ada beberapa titik ruas jalan yang harus segera dibangun dan diperbaiki, karena kondisinya sangat memprihatinkan.

"Jalan merupakan fasilitas vital bagi masyarakat, sehingga persoalan tersebut harus mendapatkan perhatian seluruh pihak terkait," katanya.

Beberapa titik jalan yang rusak tersebut yaitu, Desa Mihu menuju Pirsus 2 Desa Suryatama dan Desa Galumbang Kecamatan Juai serta beberapa desa di Kecamatan Lampihong yang ruas jalannya rusak .

Jalur-jalur jalan tersebut merupakan akses utama warga, baik akses pendidikan, pertanian, perekonomian dan lain sebagainya. Sehingga perlu adanya perbaikan, baik bersifat pemeliharaan sementara atau di aspal secara permanen, sesuai anggaran dan perencanaan yang ada.

"Sementara apabila tidak ada dalam perencanaan atau anggaran, mungkin bisa dilakukan pemeliharaan sementara dengan penutupan lubang jalan yang rusak," pintanya.

Dilain pihak, Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Balangan, Novia Jusmita, mengatakan akan segera kelapangan untuk melihat kondisi langsung.

Selain itu di beberapa jalur desa juga dalam perencanaan perbaikan serta pemeliharaan jalan yang masuk, dalam rencana pengerjaan pada tahun 2018 ini.

"Terimakasih atas info dari masyarakat, kita akan coba cek ke lokasi langsung. Kita tidak mungkin melakukan perbaikan tanpa melihat kondisi dilapangan, apakah rusak karena kondisi pondasi tanahnya yang masih labil, atau karena tergerus banjir, karena di beberapa ruas jalan, sering tergenang air yang cukup lama ketika musim penghujan," jelasnya singkat.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018