Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) kedatangan tamu dari Jepang, yakni Tomoyoshi Morita dan Tsuyoshi Gomi dari TKM Development Inc. Tokyo.

Perusahaan ini bergerak di bidang pengembangan real estate dan pengembangan energi terbarukan. Tujuan mereka bertemu Rektor ULM Prof Sutarto Hadi untuk mengajak ULM bekerjasama dalam pengembangan energi terbarukan. 

"Yang menjadi fokus mereka adalah pengembangan energi terbarukan berupa energi biomasa, yaitu energi yang bersumber dari tumbuhan," terang Sutarto, Kamis.
(antarakalsel/foto/firman)
Melihat potensi dari Kalimantan Selatan, ungkap Sutarto, perusahaan asal Negeri Sakura itu ingin mengembangkan wood pellet untuk bisa menggantikan energi yang berasal dari fosil yang persediaannya akan terus menipis dari tahun ke tahun.

Rektor ULM pun menyambut baik ajakan kerja sama dalam rangka mengatasi keterbatasan energi yang sangat bergantung kepada energi fosil.

Sementara Wakil Rektor IV ULM Prof Yudi Firmanul Arifin menyampaikan, pihaknya telah memberikan alternatif jenis tanaman yang akan dikembangkan, terutama jenis tumbuhan yang cepat tumbuh berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan oleh Pusat Unggulan Iptek PHLB ULM yaitu jenis tanaman yang potensial untuk dikembangkan di lahan marjinal.
  (antarakalsel/foto/firman)
Yudi juga menjelaskan bahwa pilot project dari implementasi kerjasama ini akan berlokasi di Desa Bentok, Kabupaten Tanah Laut. Lokasi ini dipilih karena akses transportasi dan jaringan komunikasi sudah bagus, juga lokasi ini tidak terlalu jauh dari pelabuhan. 

Dia menyatakan perjanjian kerja sama untuk kedua belah pihak akan segera disiapkan sehingga bisa sesegera mungkin diimplementasikan.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018