Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) saat ini dihuni sebanyak 517 Warga Negara Asing (WNA) yang berasal dari berbagai negara.

"Keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah Provinsi Kalsel berdasarkan data E-Office sebanyak 517 orang yang berdomisili di Banjarmasin dan Batulicin," terang Kepala Divisi Keimigrasian Kementerian Hukum dan HAM Kalsel Dodi Karnida Halilintar Atmaja, Rabu. 

Terkait pengawasan, ungkap Dodi, pihaknya terus mensinergikan peran Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) sebagai ujung tombak pengawasan terhadap orang asing.

Melalui Divisi Keimigrasian selaku leading sektor dari Timpora di wilayah Kalsel, baru-baru ini dilaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Timpora yang diikuti seluruh anggota Timpora Provinsi Kalsel yang terdiri dari Kanwil Kemenkumham Kalsel, Polda Kalsel, Kesbangpol Provinsi Kalsel, Badan Intelijen Daerah Kalsel, BNNP Kalsel, Korem 101/Antasari, Lanal Banjarmasin, Lanud Sjamsudin Noor, Kanwil Bea Cukai Kalsel, Kanwil Kemenag Kalsel, Disnakertrans Provinsi Kalsel, Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel dan BKPMD Provinsi Kalsel.

Rakor dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan Ferdinand Siagian yang menyampaikan  sinergi kinerja anggota Timpora diharapkan dapat berjalan maksimal dalam melakukan pengawasan orang asing.
(antarakalsel/foto/firman)

Dalam laporannya, Dodi Karnida Halilintar Atmaja selaku Ketua Timpora Kalsel mengatakan, terwujudnya sinergitas yang berkualitas guna mengawal Perpres No.21/2016 tentang Bebas Visa Kunjungan bagi turis-turis yang berasal dari 169 negara.

Kemudian Perpres No.20/2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing yang mulai diberlakukan 29 Juni 2018. Kesemua Perpres tersebut adalah dalam rangka meningkatkan devisa negara dari sektor pariwisata dan investasi guna kesejahteraan masyarakat. 

Selanjutnya juga mengawal dan menyukseskan Asian Games Tahun 2018 yang tidak tertutup kemungkinan ada atlet atau partisipan, wartawan, suporter datang ke wilayah Kalimantan Selatan karena Obor Asian Games akan diarak melalui Banjarmasin pada tanggal 30-31 Juli 2018.

Pewarta: Firman

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018