Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, membuat terobosan baru melalui program pengurusan izin satu hari selesai untuk meningkat investasi di kota itu.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Banjarmasin Ir Muryanta di Banjarmasin, Jumat, mengatakan, program perizinan satu hari selesai tersebut antara lain untuk perpanjangan Surat Keterangan Tanda Usaha (SKTU), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan pengurusan izin Tanda Daftar Perusahaan (TDP).

"Melalui program tersebut, kami berupaya mendorong tumbuhnya investasi dan wiraswasta baru di Banjarmasin, sehingga pertumbuhan ekonomi bisa berjalan dengan lebih cepat," katanya.

Selain itu, tambah dia, pihaknya juga telah membuat terobosan baru berupa inovasi program "Perizinan Sejati" atau Seberkas Jadi Tiga Izin.

"Layanan inovasi "Perizinan Sejati" sudah dilaucing pada puncak peringatan Hari Jadi Kota Banjarmasin ke 491," katanya.

Menurut Muryanta, program inovasi perizinan ini tidak lain bertujuan untuk memudahkan dalam pengurusan perizinan usaha, sehingga masyarakat memperoleh kemudahan dalam pelayanan publik.
 
. (Antaranews Kalsel/Latif Thohir)

Layanan inovasi Perizinan Sejati tambah dia, secara khusus fokus pada layanan paralel yaitu perizinan Surat Keterangan Tanda Usaha (SKTU), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan pengurusan izin Tanda Daftar Perusahaan (TDP) agar dalam pengurusannya lebih efektif dan efisien.

Selain perizinan Sejati, DPMPTSP juga menerapkan pelayanan perizinan "One Day Service" (ODS) untuk perizinan baru dan Sahari Tuntung yaitu dengan layanan perizinan perpanjangan SKTU, SIUP dan TDP.

Sebelumnya, Pemkot Banjarmasin, mendapatkan penghargaan sebagai kota terbaik pelayanan publik terkait pelaksanaan UU No : 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

"Penghargaan tersebut memacu kita untuk terus mempertahankan dan meningkatkan pelayanan, dan selalu membuat inovasi untuk menarik investasi," katanya.

Pemkot Banjarmasin kini sedang gencar meningkatkan masuknya investasi di daerah, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Banjarmasin.

Sebelumnya, beberapa investasi yang ditawarkan adalah pengembangan pariwisata, terutama wisata sungai, pengembangan pelabuhan terutama di Pelabuhan Basirih, investasi sektor transportasi dan perdagangan, serta beberapa sektor lain yang potensial.


 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018