Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 208 Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan mulai membuka penerimaan peserta didik baru atau siswa baru hingga 26 Juni 2018.

Kabid Bina SD Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin Nuryadi usai melakukan kunjungan kesejumlah SDN di wilayah Banjarmasin Utara, Senin, terkait pelaksanaan penerimaan siswa baru ini menyatakan, antusias masyarakat mendaftarkan anaknya untuk sekolah sangat tinggi di hari pertama tersebut.

"Rata-rata sekolah yang saya kunjungi terlihat ratusan orangtua murid mendaftarkan anaknya untuk masuk sekolah yang dipilih," paparnya.

Dia menegaskan, penerimaan peserta didik baru untuk tingkat SD tidak dipungut biaya, sehingga dilarang baik pihak sekolah maupun orangtua siswa untuk melakukan praktik melanggar ketentuan tersebut.

"Kita akan awasi dengan keteta hal ini pada sebanyak 208 SDN yang kita kelola saat ini di lima kecamatan," tegasnya.

Termasuk, tutur Nuryadi, sekolah harus mementingkan menerima siswa yang dekat dengan lingkungannya, sebab sudah ada aturan zonasi.

"Kita harap juga terkait umur siswa yang boleh diterima minimal 6 tahun juga harus menjadi perhatian sekolah," paparnya.

Adapun dari pantauan penerimaan peserta didik di sejumlah sekolah, misalnya di SDN Sungai Miai 7 Banjarmasin pada hari pertama dinyatakan Ketua pelaksana penerimaan siswa baru di SDN tersebut Rizanuddin, pendaftar sudah mencapai 100 orang lebih.

"Padahal sekolah ini hanya dapat menerima siswa baru sebanyak 64 orang saja, sehingga harus dilakukan seleksi," paparnya.

Dari itu, tutur dia, para orangtua siswa diharapkan membawa akta kelahiran dan alamat domisilinya, yakni, Kartu Keluarga (KK) karena menjadi salah satu penilaian dan penerimaan peserta didik baru sesuai surat edaran Disdik kota.

"Kita akan berpijak sesuai aturan untuk penerimaan siswa baru ini, sehingga tidak ada yang salah," pungkasnya.

Antusias tinggi peserta didik baru juga terjadi di SDN Sungai Andai 4 dan SDN Sungai Andai 3 di wilayah Sungai Andai Kematan Banjarmasin Utara.

Menurut Ketua pelaksana penerimaan siswa baru SDN Sungai Andai 4 Banjarmasin Nurul, sejak pagi para orangtua siswa sudah sangat banyak untuk mendaftarkan anaknya masuk sekolah ini.

"Untuk hari ini saja sudah hampir 115 siswa yang mendaftar, padahal yang bisa kita terima hanya sebanyak 96 siswa saja, karena ruang kelas yang terbatas," paparnya.

Menurut dia, SDN Sungai Andai 4 Banjarmasin saat ini hanya memiliki 12 ruang kelas, padahl siswa yang ada sudah sebanyak 400 orang.

"Setidaknya kita membutuhkan tiga ruang kelas lagi untuk memperlancar kegiatan belajar dan mengajar, sehingga tidak ada siswa yang bergantian ruang kelas untuk belajar," tuturnya.
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018