Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Eksekutif Produser Film Koboy Kampus Rois Sunandar Maming mengatakan pihaknya akan memasukkan budaya Banjar termasuk industri khas Kalsel dalam sebuah film garapan sutradara yang sebelumnya sukses menyutradari film Dilan.
     
Menurut Rois pada konferensi pers di Banjarmasin, Sabtu (23/6), kini pihaknya 69 Production berkolaborasi dengan The Panas Dalam movie dan Bianglala Production sedang memproduksifilm Koboy Kampus: Understanding the Panasdalam.
     
Film yang disutradarai oleh Pidi Baiq tersebut,  merupakan film yang menceritakan awal mula perjalanan The Panasdalam dan Tentang cikal bakal The Panasdalam terbentuk sebagai negara. 
     
"Saya berharap, film yang menceritakan tentang perjalanan mahasiswa kesenian ITB yang mendirikan negara dalam negara, hingga terbentuknya group band The Panas Dalam ini nanti akan jauh lebih baik dibanding film Dilan, dan sukai oleh para penonton," katanya.
     
Menurut dia, film yang juga banyak memasukkan unsur komedi tersebut, juga menjadi salah satu sarana dan kesempatan untuk mempromosikan tentang berbagai potensi Kalsel.
   
Apalagi, sebagian pemaiannya, juga diambil dari Kalsel, sehingga bila film ini nanti bisa dikenang oleh para penonton, akan mampu mendongkrak berbagai potensi Kalsel ke tingkat nasional.
     
. (Antaranews Kalsel/Latif Thohir)

Sebelumnya, tim produser dan sutradara telah melakukan "casting" pemain di berbagai daerah termasuk Bandung. Pada Sabtu (23/6) casting kembali dilaksanakan di Banjarmasin, tepatnya di Balairung Taman Budaya Banjarmasin.
     
"Kami upayakan, hasil dari film ini, akan lebih baik dari Dilan, sehingga akan mampu mendulang penonton nasional," katanya.
     
Tubagus Dedi penulis skenario film Koboy Kampus mengatakan, film tersebut menceritakan tentang persahabatan mahasiswa ITB yang berasal dari berbagai daerah di nusantara, baik itu dari Sumatera, Kalimantan, Jawa dan lainnya, yang kemudian membuat berbagai kegiatan.
     
Dalam film yang pengambilan gambarnya dipusatkan di ITB tersebut, menceritakan lima mahasiswa seni rupa dari berbagai jurusan di era tahun 1995 sampai 1998, yang memilih melakukan kegiatan dengan tema mendirikan negara dalam negara, hingga akhirnya terbentuk group band The Panas Dalam.
     
Film yang terinspirasi dari judul lagu tentang "Koboy Kampus" ini, merupakan film yang menceritakan tentang lima orang  mahasiswa di masa orde baru yang resah atas situasi negara yang kurang kondusif. Disaat sebagian besar mahasiswa berdemo, ke lima mahasiswa tersebut, memilih melakukan kegiatan di kampus dan berinisiatif membuat sebuah negara sendiri.
     
"Makanya pada film tersebut, akan ada cerita, pacar salah satu dari kelima mahasiswa tersebut, ikut demo, hingga akhirnya terbentuk lagu, begitu juga sebaliknya yang putus dari pacarnya juga dibuat lagu," katanya.
     
Romantika kampus yang dikemas dalam cerita komedi ini, bakal dibintangi oleh Ricky Harun, Bisma dan beberapa bintang ngetop lainnya, dengan memerankan lima kharakter asli di film ini seperti, Pidi Baiq, Nini, Deny, Dikdik, dan Pupus. "  Diyakini kelima karakter tersebut akan mampu membuat film ini mendulang sukses.
     
Dan rencananya dalam "Casting" di Banjarmasin ini, film Koboy Kampus akan merekrut  sebanyak lima orang yang dilibatkan sebagai pemeran pendukung dan sepuluh orang sebagai pemeran tambahan (Extras).

Ditargetkan pengerjaan film ini akan mulai diagendakan shooting  pada tanggal 19 juli 2018 mendatang dan akan selesai 20 hari kedepannya, yang kemudian dilanjutkan dengan proses editing dan finisingnya.

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018