Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Resnawan meminta seluruh pihak terkait baik itu tim sukses para calon dan seluruh penyelenggara Pilkada menjaga kemurnian pelaksanaan Pilkda serentak 2018 pada Rabu (27/6) 2018.

Menurut Rudy di Banjarbaru Jumat, seluruh anggota pemenangan pasangan calon kepala daerah, untuk terus menjaga situasi yang kondusif di kalimantan selatan.

"Hindari upaya-upaya negatif, yang dapat memecah belah rakyat. Murnikan tekad dan niat memenangkan pilkada untuk memajukan daerah dan menyejahterakan masyarakat," katanya.

Selain itu, tambah Wagub, seluruh penyelenggara Pilkda juga harus bisa menjaga marwah serta kepercayaan masyarakat, demi menjaga iklim demokrasi yang baik.

Proses demokrasi harus dijaga dan dirawat dengan baik oleh semua elemen, sehingga mampu menghasilkan pemimpin yang sesuai dengan yang diharapkan masyarakat.

Dikatakan Wagub, pemilihan gubernur, bupati, dan wali kota yang diselenggarakan oleh KPUD Provinsi dan Kabupaten/Kota merupakan implementasi demokrasi.

Tentu, tambah dia,?penyelenggaraan pemilihan secara langsung ini, sangatlah penting, dalam rangka menjaga demokrasi, sehingga lahir pemimpin yang sesuai dengan harapan dan aspirasi rakyat.

Sehingga, sukses tidaknya pemilihan umum maupun kepala daerah sangat tergantung partisipasi segenap komponen masyarakat.

Nilai luhur demokrasi yakni bersih, jujur dan adil harus terus dijaga dan dipelihara sebagai simbol ketaatan terhadap aturan negara.

"Mari,kita jaga marwah Pilkada Serentak tahun 2018 ini, sehingga pelaksanaan pemilihan berjalan dengan baik," katanya.

Pilkda langsung 2018 di Kalsel, diikuti oleh empat kabupaten, yaitu Kabupaten Tabalong, Hulu Sungai Selatan (HSS), Tapin dan Kabupaten Tanah Laut.

Pilkda Tanah Laut diikuti oleh paslon incumbent Sukamta - Abdi Rahman diusung PKS, PKPI dan Gerindra total 8 kursi dan paslon incumbent Bambang Alamsyah -Ir Ahmad Nizar.

Kemudian, Pilkada Tapin, diikuti oleh paslon incumbent HM Arifin Arfan - Syarifuddin dan bakal melawan kotak kosong.

Selanjutnya, Pilkda Kabupaten Hulu Sungai Selatan, diikuti paslon incumbent Achmad Fikri ? Syamsuri Arsad . Pasangan tersebut, bakal melawan paslon perseorangan Muhammad Najamudin - Muhammad Ridha

Terakhir Kabupaten Tabalong diikuti oleh empat paslon, yaitu, paslon incumbent Anang Syakhfiani - Mawardi diusung partai Golkar, Demokrat, PKB, PKS, PBB, PAN dan Nasdem total 21 kursi.

Kemudian, Paslon Hj Noor Farida Marlan - Aspianor diusung partai Gerindra, Hanura dan PPP total 8 kursi. Paslon perseorangan Noorhasani - Eddyan Noor Idur dan terakhir Paslon perseorangan Winarto - Ali Sibqi.

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018