Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kapolda Kalimantan Selatan Brigjen Pol Rachmat Mulyana turut mendonorkan darahnya dalam kegiatan donor darah yang digelar di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri, Jumat siang.

"Alhamdulilah saya dinyatakan sehat dengan tensi normal sehingga bisa ikut mendonor," ucap Rachmat.

Kegiatan bertajuk "Bhakti Kesehatan Donor Darah" itu sendiri digelar Polda Kalsel dalam rangka Hari Bhayangkara ke-72 tahun 2018. Seluruh anggota pun nampak antusias mendonor dari mulai Kapolda yang bersamaan dengan Wakapolda Kalsel Kombes Pol Nasri serta sejumlah pejabat utama hingga diikuti anggota lainnya serta ibu-ibu Bhayangkari dan warga sekitar Mapolda.
(antarakalsel/foto/firman)

Rachmat berharap darah yang terkumpul bisa berguna bagi mereka yang membutuhkan, sehingga membantu penambahan stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI).

"Momen donor darah ini sangat tepat karena saat ini stok di PMI lagi menipis karena selama Ramadhan tadi pendonor sedikit," jelas Kapolda.

Sementara Kabid Dokkes Polda Kalsel AKBP dr Erwinn Z Hakim mengungkapkan jika darah yang terkumpul sebanyak 115 kantong dari target sebelumnya 150 kantong.

"Sebenarnya banyak anggota yang mau donor namun karena kesibukan dinas tidak sempat berhadir. Namun diharapkan bisa mendonor secara sukarela ke kantor PMI setempat," tuturnya.
(antarakalsel/foto/firman)
Karena sesuai harapan Kapolda, ungkap Erwinn, anggota Polri harus membantu ketersediaan stok darah di PMI yang jauh berkurang pasca Lebaran ini.

"Jadi jajaran Polres juga diminta melaksanakan kegiatan serupa. Kalau dirasa masih belum maksimal pada gelaran satu kali, bisa saja menggelar kembali untuk kedua kali dan seterusnya," kata Erwinn menekankan.

Di sisi lain, petugas Unit Transfusi Darah Kota Banjarmasin Wiwi mengakui stok darah saat ini memang belum normal alias berkurang dari biasanya.

Jika pada hari-hari biasa ada 100 hingga 150 kantong darah tersedia, maka saat ini hanya berkisar 75 kantong.

"Kami berharap, setelah Lebaran ini kembali ramai sukarelawan yang datang untuk mendonor, termasuk kegiatan donor darah seperti yang digelar Polda Kalsel hari ini," tandasnya.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018