Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divisi Regional (Sub Divre) Wilayah I Barabai yang berkedudukan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, mengadakan kontrak pengadaan beras sebanyak 6.000 ton dengan pengusaha penggilingan padi dan kelompok petani.

Menurut Kepala Seksi Pelayanan Publik, Bulog Sub Divre Wilayah I Barabai, Zainul Falah di Barabai, ibu kota Hulu Sungai Tengah (HST), Minggu, kontrak pengadaan tersebut dilakukan untuk memenuhi target serapan beras dari petani.

"Target serapan beras untuk cadangan stok nasional dari petani pada 2012 ini naik menjadi 20.000 ton sehingga perlu dilakukan langkah-langkah agar dapat tercapai," ujarnya.

Awal 2012 lalu, Bulog Sub Divre Wilayah I Barabai menargetkan mampu melakukan serapan beras dari petani sebanyak 10.000 ton.

Namun ujarnya, kini target tersebut mengalami kenaikan menjadi 15.000 ton dan kembali naik menjadi 20.000 ton dengan tengat waktu hingga akhir 2012 mendatang.

"Hingga saat ini, di luar kontrak yang dilakukan, telah dapat terserap beras dari petani sebanyak 5.300 ton," katanya.

Dengan adanya kontrak bersama para pengusaha penggilingan padi sebagai mitra dan kelompok tani, pihak Bulog Sub Divre Wilayah I Barabai optimis dapat mencapai target serapan beras sebanyak 20.000 ton pada 2012 ini.

"Apalagi sekarang belum semua kabupaten di wilayah Banua Anam selesai melakukan panen. Di tambah lagi panen di kawasan lebak pada akhir tahun mendatang, target 20.000 ton itu tidak mustahil dapat tercapai," tambahnya.

Bulog Sub Divre Wilayah I Barabai membawahi wilayah Banua Anam yang terdiri dari enam kabupaten di Kalsel, masing-masing Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan, HST, Hulu Sungai Utara, Balangan dan Tabalong.

Hingga saat ini, beberapa kabupaten di wilayah Banua Anam seperti Balangan dan Tapin para petani masih belum selesai melakukan panen.

Bahkan untuk kabupaten Hulu Sungai Utara, panen terbesar baru nanti dilaksanakan pada akhir tahun karena daerah persawahan di wilayah itu sebagian besar terdiri dari lahan lebak.

Sebelumnya, sejak awal tahun lalu Bulog Sub Divre Wilayah I Barabai telah mengadakan kerja sama dengan seluruh Dinas Pertanian se-Banua Anam untuk membantu peningkatan serapan beras dari petani./C

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012