Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana menegur manajemen Duta Mall Banjarmasin dan Transmart lantaran tak mengantisipasi membludaknya pengunjung hingga menyebabkan kemacetan luar biasa di jalan raya.

"Saya bisa saja menutup Transmart kalau saya mau. Jadi tolong kemacetan seperti ini harusnya sudah bisa diantisipasi," ujar Kapolda, Senin.

Rachmat pun terlihat begitu geram dan menyampaikan secara langsung teguran kerasnya itu kepada Store GM Transmart Banjarmasin Farlian Anwar dan General Manager Duta Mall Banjarmasin Eko Swasono ketika mengecek Pos Pengamanan Lebaran depan pusat perbelanjaan terbesar di Kota Banjarmasin itu.

Menurut Kapolda, pada saat pembangunan, baik manajemen Duta Mall maupun Transmart harusnya memikirkan dampak lalu lintasnya.

"Amdal itu kan ada amdal lingkungan ada ada amdal lalu lintas. Sedangkan ini satu gedung Duta Mall tidak ada penambahan area parkir. Kalau macet, masyarakat tahunya itu tugas polisi," jelasnya.
 (antarakalsel/foto/firman)

Sementara kehadiran Transmart merupakan sesuatu yang baru tentunya menarik lebih banyak masyarakat untuk berkunjung.

"Saya sendiri tidak tahu ada pembangunan ini, tiba-tiba mendapat undangan akan adanya grand launching, tentu saya sesalkan. Saya sudah perintahkan Dirlantas dan pihak terkait untuk mengkoordinasikannya kembali," tegas Perwira Tinggi yang dalam waktu dekat dikukuhkan berpangkat bintang dua alias Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) itu.

Di sisi lain, Store GM Transmart Banjarmasin Farlian Anwar mengakui sudah biasa setiap pembukaan Transmart selalu menimbulkan sambutan luar biasa dari masyarakat hingga menimbulkan kemacetan.

"Masalah pakrir dan sebagainya itu urusan manajemen mall, karena di sini kita hanya tenant sewa. Silahkan tanyakan ke Pak Eko," tuturnya.

Sedangkan General Manager Duta Mall Banjarmasin Eko Swasono menolak memberikan keterangan dan memilih kabur ketika coba dikonfirmasi wartawan.
(antarakalsel/foto/firman)

Seperti diketahui, pembukaan Transmart Banjarmasin pada 8 Juni 2018 lalu menarik antusias masyarakat untuk berbelanja ke Duta Mall. Membludaknya kendaraan yang menuju Duta Mall di Jalan Ahmad Yani Km 2,5 Banjarmasin dari berbagai arah membuat kemacetan luar biasa hampir setiap hari dari siang hingga malam hari. 

Bahkan polisi terpaksa menutup putar balik (u-turn) depan Rumah Sakit Umum Daerah Ulin Banjarmasin guna mengurangi penumpukan kendaraan depan Duta Mall.

Namun begitu, akibatnya ruas jalan yang lain ikut macet seperti Jalan Kolonel Sugiono, Jalan Ahmad Yani Km 1 hingga ke Jembatan Dewi dan ruas Jalan Sudimampir serta Jalan Pangeran Antasari.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018