Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Komando Distrik Militer (Kodim) 1003 Kandangan menggelar kegiatan buka puasa bersama Komponen Masyarakat (Komas), bertempat di Markas Kodim 1003 Kandangan, Hulu Sungai Selatan (HSS).

Dandim 1003 Kandangan Letkol Infanteri Suhardi Aji S di Kandangan, Jumat (8/6), mengatakan kegiatan ini dapat rangka meningkatkan soliditas antara TNI dengan komas, karena dengan rakyat TNI kuat.
Penyerahan Bingkisan untuk Komponen Masyarakat (Komas)  (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: Dandim Kandangan : Sangsi Anggota Terlibat Narkoba Dipecat

"Saya mengajak kepada seluruh komas  untuk tetap menjaga silahturahmi serta keamanan di lingkungan masing-masing, sehingga selama bulan ramadhan ini situasi wilayah HSS  tetap kondusif,"katanya.

Ia meminta, seluruh komas  agar berkerja sama dengan aparat kewilayahan, yaitu Bintara Pembina Desa (Babinsa) untuk temu cepat lapor, cepat guna, deteksi dini, dan cegah dini, karena tanpa kerjasama dengan masyarakat sangat sulit hal tersebut dapat terwujud, dikarenakan keterbatasan personel Babinsa.
Buka Puasa Bersama (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: Dandim Kandangan resmikan Saung Sinergitas

Adapun Babinsa memang  berkewajiban untuk melaksanakan pembinaan teritorial, secara pokok, tugas-tugas mereka meliputi mengumpulkan dan memelihara data pada aspek geografi, demografi, hingga sosial dan potensi nasional di wilayah kerjanya. 

Hal ini meliputi banyak sekali aspek, yaitu aspek SDM, SDA, sarana-prasarana dan infrastruktur di wilayah binaannya, maka sebagai ujung tombak para Babinsa dalam tugasnya perlu didukung dan dibantu dengan peran serta dan kerjasama dengan masyarakat.

Dalam kegiatan ini, juga diserahkan bingkisan dari Dandim Kandangan kepada komas yang berhadir, yakni dari komponen baik dari  Ketua RT, RW serta tokoh-tokoh masyarakat lainnya di Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018