Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Anggota Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Kalsel menggelar tes urine terhadap para pilot dan kru pesawat di Bandara Syamsudin Noor di Banjarbaru, Jumat pagi.

"Tes urine yang digelar secara dadakan ini untuk memastikan tidak ada pilot dan kru pesawat terindikasi menggunakan Narkoba," terang Direktur Reserse Narkoba Polda Kalsel Kombes Pol Muhammad Firman.

Sebanyak 43 orang yang terdiri dari pilot dan kru pesawat dari berbagai maskapai penerbangan secara bergantian dicek urinenya. Bahkan, ada juga 7 sopir angkutan umum yang kerap mangkal di bandara turut dites. 
(antarakalsel/foto/firman)

Petugas dari Bidang Dokkes Polda Kalsel secara teliti mencelupkan alat tes Narkoba yany berisi urine (air seni) untuk mengetahui ada tidaknya kandungan enam zat terlarang, yakni amphetamine, cocaine, opiates, marijuana, methamphetamine serta benzodiazephine.

"Alhamdulilah, semua hasilnya negatif alias tidak ada yang terindikasi mengonsumsi Narkoba," beber Firman yang turut didampingi Kabag Bin Opsnal AKBP Daryanto dan Kasubdit II AKBP Andi A.

Dia mengungkapkan jika pelaksanaan tes urine tersebut sebagai dukungan Ditresnarkoba terhadap pelaksanaan arus mudik Lebaran, dimana keselamatan penumpang pesawat terjamin dengan tidak adanya pilot dalam pengaruh zat-zat Narkoba.
(antarakalsel/foto/firman)

Sementara Manager Operasi Bandara Syamsudin Noor Ruly Artha berterima kasih atas inisiatif Ditresnarkoba Polda Kalsel menggelar tes urine di lingkungan bandara.

"Tentu kami menyambut luar biasa kegiatan ini, sehingga membuat penerbangan benar-benar safety dan menjadi sebuah rangkaian mendukung kesiapan pelaksanaan arus mudik Lebaran," jelas Ruly.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018