Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah melalui PT Pelindo III menyiapkan bus gratis bagi penumpang kapal laut dari Pelabuhan Trisakti Banjarmasin tujuan Surabaya, Jawa Timur, dan Semarang, Jawa Tengah.

General Manajer Pelindo III Banjarmsin, Kalimantan Selatan, Recky Julius Uruilal usai meninjau persiapan arus mudik di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kamis, mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sekitar 100 armada bus gratis, yang siap mengangkut para penumpang hingga daerah tujuan.

"Jadi para pemudik dari Kalsel, sesampainya di Surabaya maupun Semarang, akan diangkut oleh bus gratis ke daerah tujuan masing-masing," katanya.

Agar bisa menikmati fasilitas mudik dengan bus gratis tersebut, tambah Julius, para penumpang bisa mendaftarkan diri bersama keluarganya ke operator kapal yang mereka tumpangi, dari Banjarmasin ke daerah tujuan masing-masing.

Misalnya saja, penumpang KM Dharma Lautan Utama, bisa mendaftar ke perusahaan atau operator kapal tersebut, untuk ikut mudik gratis.

Angkutan mudik gratis tersebut, tambah dia, dilaksanakan berdasarkan perintah dari pemerintah pusat melalui Kementerian BUMN dan dilaksanakan oleh PT PT Pelindo.

Mudik gratis tersebut, tidak hanya untuk penumpang laut asal Banjarmasin dan Batulicin saja, tetapi juga dari Sampit, Kumai dan beberapa daerah lainnya.

"Saat ini yang disiapkan sebanyak 100 armada, tetapi bila ada kekurangan, akan ditambah jumlahnya," katanya.

Pendaftaran penumpang mudik gratis penting dilakukan, karena untuk memudahkan para penumpang sesampainya di Pelabuhan Tanjung Perak maupun di Semarang.

"Jadi begitu sampai di Surabaya maupun daerah tujuan lainnya, para pemudik langsung akan diarahkan ke bus-bus yang telah disiapkan, misalnya yang ke Mojokerto akan diarahkan ke bus tujuan tersebut," katanya.
 
, (Antaranews Kalsel/Latif Thohir)

Sedangkan untuk angkutan kapal gratis, tambah dia, hingga kini belum ada, penumpang tetap harus membeli tiket sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Terkait fasilitas pelabuha, Julius mengatakan mulai Rabu (6/6) pihaknya meningkatkan pengamanan pelabuhan dengan membentuk Posko pengamanan terpadu di pelabuhan penumpang Trisakti Banjarmasin.

Menurut Julius, untuk pembentukan tim pengamanan dan Posko terpadu tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan Polda Kalsel, TNI, Dishub, tim kesehatan dan seluruh pihak terkait lainnya.

"Tim terpadu sudah mulai diberlakukan, untuk meningkatkan pengamanan dan memberikan bantuan kepada masyarakat yang ingin mudik ke berbagai daerah, dengan angkutan kapal laut," katanya.

Julius mengungkapkan, Posko tersebut juga sebagai upaya mempermudah calon penumpang, untuk mendapatkan informasi keberangkatan kapal dan lainnya.

Rata-rata tambah dia, penumpang kapal laut berasal dari berbagai daerah di Kalsel sehingga sebagian besar para penumpang akan beristirahat di pelabuhan, untuk beberapa saat, sambil menunggu keberangkatan kapal.

Karena itu, kesiapan tim kesehatan juga sangat penting untuk mengantisipasi ada penumpang yang sakit akibat kelelahan setelah perjalan jauh dan kemungkinan lainnya.

Selain itu, tambah dia, Pelindo juga telah mempersiapkan berbagai fasilitas untuk membantu calon penumpang melepas penat dan lelah selama perjalanan.
 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018