Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kapolda Kalimantan Selatan Brigjen Pol Rachmat Mulyana memerintahkan anggotanya khususnya Polisi Lalu Lintas (Polantas) untuk bisa mengamankan jalur arus mudik guna menekan potensi kecelakaan lalu lintas (laka lantas).

"Saya perintahkan mana kala terlihat pemudik mulai ramai, anggota harus lebih banyak turun ke jalan," ucapnya, Rabu.

Sebagai kesiapan pengamanan arus mudik Lebaran, Polda Kalsel dan jajaran Polres menggelar Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat Intan 2018  yang akan berlangsung 18 hari dari 7 Juni sampai 24 Juni 2018.

Gelar pasukan yang dilaksanakan pada Rabu pagi di halaman Polresta Banjarmasin, Brigjen Pol Rachmat Mulyana bertindak sebagai inspektur upacara dan Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Kalsel AKBP Afri Darmawan selaku komandan upacara.
(antarakalsel/foto/hamidihumaspoldakalsel)

Pada kesempatan itu Kapolda mengungkapkan jika tolak ukur keberhasilan Operasi Ketupat menurut Kakorlantas Polri, dilihat dari jumlah laka lantas menurun. Maka mengantisipasinya anggota harus turun ke jalan melakukan pengamanan jalur dan pengaturan lalu lintas yang maksimal.

"Spanduk peringatan dan imbauan juga mesti dipasang di sejumlah titik yang dinilai rawan laka, termasuk petunjuk rest area agar pengemudi bisa beristirahat sejenak melepas penat," jelasnya.

Kapolda juga mengimbau kepada pemudik khususnya yang mengendarai kendaraan pribadi agar mengecek kembali kondisi kendaraannya, termasuk tidak membebani muatan berlebih.

"Bagi sepeda motor membonceng anak kecil, tolong buah hatinya juga dikasih helm. Kemudian kendaraan harus sesuai peruntukkannya, misal mobil bak terbuka jangan dibawa untuk mengangkut orang," paparnya menekankan.

Rachmat pun berharap sinergi Polri dengan instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Idul Fitri 1439 Hijriyah terus dijaga dan ditingkatkan. 
(antarakalsel/foto/hamidihumaspoldakalsel)

Sepakat dengan Kapolda, Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Wijayanto, Danlanud Sjamsudin Noor Letkol Pnb Abdul Haris, Dandenpom VI-2 Banjarmasin Mayor CPM Sugiarto serta Kasi LLAJ Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah 15 Provinsi Kalsel Ade Supriadi berkomitmen mendukung tugas Polri dalam pelaksanaan Operasi Ketupat seperti halnya pada tahun-tahun sebelumnya.

Sementara Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel Kombes Pol E Zulpan menambahkan, sebanyak 725 personel dilibatkan dalam Operasi Ketupat Intan tahun ini. Terdiri dari 200 persone Polda dan 525 personel Satuan Kewilayahan. 

Adapun Pos Pengamanan yang didirikan sebanyak 17 pos dan 12 Pos Pelayanan serta Pos Terpadu di sembilan lokasi guna memberikan rasa aman kepada pemudik dan masyarakat yang merayakan Lebaran. 

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018