Batulicin, (Antaranews Kalsel) - Jumlah penumpang kapal di Pelabuhan Samudra Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, rute Batulicin-Surabaya dan sebaliknya mulai meningkat hingga 100 persen dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Kepala Kantor PT Pelni Cabang Batulicin, Purwadi, di Batulicin, Selasa, mengatakan beberapa pekan terahir jumlah penumpang dari pelabuhan Batulicin-Surabaya meningkat mencapai 600 orang dibanding pada hari biasa yang hanya 100-300 orang.

"Tahun ini PT Pelni menyiapkan empat unit kapal untuk melayani penumpang rute Batulicin-Sarabaya, Kotabaru-Batulicin-Pulau Sembilan sampai Sulawesi Barat," kata Porwadi.

Meskipun mengalami kenaikan jumlah penumpang, dipastikan semua penumpang akan dapat terangkut karena masing-masing kapal yang disiapkan memiliki kapasitas mencapai 1.000 orang.

"Jadi dengan jumlah yang saat ini mencapai 600 orang tetap bisa terakomodasi, sehingga calon penumpang kapal tidak perlu khawatir kehabisan tempat di dalam kapal," jelasnya.

Untuk angkutan Lebaran, pihaknya juga menambah trip pelayaran ekstra yang disesuaikan dengan kondisi penumpang di lapangan yang dilayani oleh KM Binaiyah

Sedangkan untuk pelayaran reguler pihaknya tetap mengoperasikan satu kapal dengau kali keberangkatan pengoprasian dua minggu satu kali keberangkatan.

Sementara untuk harga tiket rute Batulicin-Surabaya Rp200 ribu/jiwa, Batulicin-Sulawesi Barat Rp28.300/jiwa, Batulicin-Bima Nusa Tenggara Barat Rp324 ribu/jiwa.

"Kami mengimbau kepada para calon penumpang yang hendak mudik ke kampung halaman agar sekiranya untuk mudik lebih awal untuk menghindari membludaknya penumpang menjelang lebaran," katanya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018