Rantau, (Antaranews Kalsel) - Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tapin kini memiliki fasilitas pojok bermain ramah anak dan ruang pojok laktasi.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Tapin, Rusnaidah di Rantau (28/5), mengatakan bahwa disediakannya fasilitas pojok bermain ini diperuntukan bagi warga yang membawa anaknya, dan sedang menunggu pelayanan administrasi. 

"Jadi sambil menunggu antrian, bisa bermain terlebih dahulu, sehingga anak-anak tidak merasa jenuh," ujarnya.

Selain itu, Disdukcapil juga menyediakan ruang laktasi untuk memberikan rasa nyaman dan aman bagi ibu menyusui sambil menunggu antrian saat pelayanan.

Selain itu, disediakannya ruang laktasi juga agar para ibu dapat menunaikan kewajiban dalam memberikan ASI kepada buah hatinya.

"Ini juga sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan  Nomor 15 tahun 2013 tentang penyediaan fasilitas ruang menyusui di tempat- tempat layanan publik," ujar Rusnaidah lagi.

Rusnaidah berharap penyediaan fasilitas sarana dan prasarana publik ini bisa memberikan rasa nyaman dan aman bagi masyarakat yang datang.

Selain itu, tersedianya pelayanan publik tersebut juga bertujuan untuk memberikan hak-hak bagi masyarakat yang datang, yakni hak ibu menyusui dan hak anak-anak.

"Ini salah satu pelayanan prima dari kami kepada masyarakat yang datang untuk mengurus surat-surat administrasi kependudukan," ujarnya lagi.

Pewarta: Muhammad Husien Asyari

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018