Paringin, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, mendapatkan penghargaan "Universal Health Coverage" dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, karena telah melaksanakan program strategis nasional  berupa  jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat Balangan, melalui program JKN-KIS dari BPJS Kesehatan, Rabu (23/5) di Istana Negara, Jakarta.

Bupati Balangan, H Ansharuddin, saat berada di Istana Negara mengatakan, pencapaian tersebut merupakan salah satu keberhasilan yang cukup membaggakan dari hasil kerja sama dengan seluruh instansi terkait, selama dalam pemerintahannya bersama Wakil Bupati H Syaifullah.

"Sejak 1 Januari 2018, Pemerintah Kabupaten Balangan telah berhasil memfasilitasi warga menjadi peserta JKN-KIS dari BPJS Kesehatan, bahkan hingga bulan April 2018 telah tercatat 78.729 jiwa pemegang kartu KIS," ungkapnya.

Anhsar merasa bersyukur mendapatkan penghargaan dari Presiden atas program JKN KIS BPJS ini, apalagi saat ini, Kabupaten Balangan satu-satunya daerah di Provinsi Kalimantan Selatan yang berani  memberikan jaminan kepada semua masyarakat.

"Melalui program tersebut, berarti kami juga  telah turut serta melaksanakan program Nawacita, untuk mencapai kesehatan semesta bagi warga Indonesia, khususnya di Balangan," tutur Ansharuddin.

Ia juga mengapresiasi kinerja seluruh Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) yang telah bekerja keras dalam mencapainya, terutama penghargaan terhadap  kinerja BPJS Cabang Barabai dan Balangan.

"Ini merupakan kebahagiaan, dimana masyarakat bisa merasakan manfaat KIS, utamanya bagi mereka yang ingin berobat atau konsultasi ke Puskesmas maupun ke rumah sakit, termasuk juga bagi mereka yang dirujuk ke luar daerah misalnya ke provinsi atau keluar provinsi," imbuhnya.

Anshar berharap warga Kabupaten Balangan, bisa memanfaatkan program JKN-KIS BPJS dengan sebaik-baiknya, jangan menunggu sakit parah baru berobat dan memeriksakan diri," katanya.

Penghargaan diberikan kepada 92 Kabupaten, 28 Kota, dan 4 Provinsi di Indonesia, yang diserahkan secara simbolis oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di Istana Negara. Penyerahan dilanjutkan oleh Mendagri Tjahjo Kumolo di Hotel Grand Mercure, Kemayoran, Jakarta, Rabu (23/5).  

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018