Amuntai, (Antaranews Kalsel) - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Hulu Sungai Utata Anisah Rasyidah menghimbau kaum remaja agar mempersiapkan kesehatan dan kesejahteraan mereka di kala tua nanti sejak usia remaja.
 
"Apabila sejak anak-anak dan remaja sudah pandai menjaga kesehatan maka nantinya disaat usia lanjut usia bisa berumur lebih panjang dan mandiri," ujar Anisah.

Anisah mengatakan, harapan usia hidup di Kabupaten HSU meningkat menjadi 63 tahun yang berarti rata-rata usia tertinggi di Kabupaten HSU sekitar 63 tahun.
 
Harapan usia hidup ini, kata Anisah, masih bisa ditingkatkan melalui berbagai kegiatan sosialisasi hidup sehat dimasyarakat, khususnya kepada Ibu hamil dan remaja.

"Pemberian nutrisi kepada Ibu hamil dan ASI eksklusif agar bayi sehat, pemberian imunisasi dan sebagainya sehingga tatkala si anak tumbuh hingga menjadi lansia tetap sehat, mandiri dan tidak membebani," katanya.

Anisah menyambut gembira karena ada terobosan yang dilakukan bidan desa di Desa Manarap dengan meluncurkan kartu sehat bagi remaja yang memasuki usia subur.

Menghadiri Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2018 di Dinas Kesehatan (Dinkes), Anisah menyambut baik berbagai event yang diselenggarakan Dinkes bagi para lansia di HSU dalam rangka memeriahkan HLUN 2018.

Berbagai lomba yang dilaksanakan seperti seminar, senam lansia, lomba menyusun poster dan pesan berantai untuk latihan fisik dan mental lansia..Peserta lansia dikirim dari masing-masing Puskesmas sebanyak 10 orang.

Tema Peringatan HLUN 2018 yakni 'Lansia Sejahtera, Masyarakat Bahagia' dengan sub tema 'Lansia Sehat dan Mandiri diwujudkan dari Keluarga Sehat'.
 
"Pemerintah mememiliki target dibidang kesehatan untuk Lansia ini yakni di 2025 bisa terwujud Lansia sejahtera di Indonesia," kata Plt Kepala Dinkes HSU Agus Fidliansyah.
 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018