Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 366 rumah di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, menjadi sasaran program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk meringankan beban keluarga tidak mampu.

Kepala Dinas Perumahan, Permukiman, dan Pertanahan Kabupaten Tabalong Syaiful Bakhri di Tanjung, Minggu, menyampaikan bantuan stimulan ini akan direalisasikan Juni 2018 berupa renovasi dan pembangunan ulang.

"Untuk pembangunan ulang bantuan sebesar Rp30 juta dan renovasi Rp15 juta," jelas Syaiful.

Rumah yang mendapat bantuan Stimulan Perumahan Swadaya ini tersebar di 10 desa dan delapan kecamatan.

Bantuan tersebut termasuk untuk upah tukang dengan rincian Rp5 juta bagi pembangunan ulang dan Rp2,5 juta rumah yang direnovasi.

Syaiful mengatakan rumah bagi warga miskin yang bukan sasaran BSPS akan diakomodir Pemkab Tabalong melalui dana APBD 2018.

Sebelumnya 24 rumah warga miskin di `Bumi Saraba Kawa` ini mendapat Program Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni bagi 24 warga miskin untuk mengurangi masalah sosial dan kesehatan di wilayah ini.

Kriteria rumah tangga sasaran sendiri yakni rumah tidak layak huni serta tidak memenuhi syarat kesehatan.

Sementara itu jumlah warga miskin di `Bumi Saraba Kawa` ini mencapai 9.981 orang dengan kategori sangat miskin sebanyak 3.277 orang dan hampir miskin 3.648 orang.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018