Banjarmasin, 2/5 (Antara) - Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kamenag) Provinsi Kalimantan Selatan HM Noor Fahmi menyebutkan, tinggal 251 Calon Jamaah Haji (CJH) Embaraksi Banjarmasin yang belum melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) dari kuota CJH reguler 3.799 orang.

"Tinggal dua hari jadwal pelunasan BPIH tahap pertama bagi CJH reguler ini, yakni, dari 16 April hingga 4 Mei 2018, masih 251 orang yang terjadwal berangkat belum juga melunasi," ujarnya di Banjarmasin, Rabu.

Menurut dia, belum ada informasi resmi ke Kanwil Kemenag Kalsel dari sebanyak 251 orang CJH yang belum melunasi BPIH ini untuk apakah bisa melunasi atau tidak hingga batas waktu tersebut ditutup.

"Sebab kalau mereka hingga tanggal 4 Mei nanti belum juga melunasi BPIH, maka jadwal keberangkan mereka akan dimundur ketahun depan," papar Noor Fahmi.

Kursi keberangkatan mereka, papar dia, akan digantikan CJH lainnya, di mana pelunasan BPIH untuk CJH cadangan ini dijadwalkan mulai dibuka pada 16 Mei hingga 25 Mei 2018.

Sebagaimana diketahui, tutur Noor Fahmi, CJH cadang tersebut diantaranya yang sudah pernah berangkat berhaji , namun kebetulan tahun ini pula antrian hajinya sampai.

"Sebab kan untuk pelunasan tahap pertama ini yang dipentingkan itu orang yang belum pernah berhaji. Jadi yang pernah berhaji dibuat menjadi cadangan, meskipun jadwal keberangkatannya sampai," terang Noor Fahmi.

Selain itu, kata dia, CJH cadangan tersebut adalah para lansia, yakni, batas umur minimal 75 tahun, di mana mereka ini menjadi prioritas untuk diberangkatkan, meski mendaftar untuk berangkat haji tidak lama.

"Bahkan para Lansia ini diberi lagi jatah satu kursi untuk pendampingnya, demikian ketentuannya," papar Noor Fahmi.

Sama halnya bagi CJH yang terpisah dengan pasangannya, yakni, saat mendaftar berangkat haji, istri dan suami tidak bersamaan, kalau jarak antriannya tidak terlalu berjauhan, maka bisa disatukan.

"Kita yakin, kuota haji reguler Kalsel yang berjumlah 3.799 orang ini akan bisa dipenuhi, sebab ada pula cadangan CJH lain yang sudah kita persiapkan, bahkan sudah melunasi BPIH, mereka yang terjadwal berangkat tahun akan datang," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, tutur Noor Fahmi, BPIH Embarkasi Banjarmasin sebesar Rp 38.157.084. Di mana ini ada kenaikan Rp451.184 dari BPIH tahun 2017 sebesar Rp 37.705.900.

Sementara itu, kuota haji Embarkasi Banjarmasin pada keberangkatan tahun 2018 ini sebanyak 3.799 orang ditambah 32 orang Tim Petugas Haji Daerah (TPHD), sehingga total sebanyak 3.831 orang.
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018