Amuntai, (Antaranews Kalsel) -Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan memberikan pelatihan membuat bros bagi kaum perempuan di Desa Galagah.
 
"Pemberian keterampilan ini sebagai motivasi bagi kaum perempuan untuk  rajin membaca dan menerapkannya," ujar Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispersip) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Harun Ar Rasyid di Amuntai, Rabu.
 
Harun mengatakan, Dispersip tidak hanya mendorong masyarakat membaca buku, majalah, surat kabar dan lainnya namun juga memfasilitasi untuk mempraktekan ilmu yang dipelajari melalui pelatihan keterampilan seperti halnya pelatihan membikin bros.

Bros atau hiasan pakaian dan jilbab cukup digemari kaum ibu dan remaja putri yang bisa dijadikan mata pencaharian bagi kaum perempuan untuk mengisi waktu luang menambah penghasilan keluarga.

Melalui pelatihan keterampilan ini, katanya Dipersip ingin menyadarkan masyarakat khususnya kaum perempuan bahwa ilmu pengetahuan bisa menjadi modal bagi mengembangkan usaha dan perekonomian.

"Pengetahuan mengenai keterampilan membikin bros ini bisa ditemui dalam buku bacaan diperpustakaan, melalui pelatihan ini kami coba memotivasi kepada kaum perempuan untuk menerapkannya," katanya.
 
Pihak Dispersip menghadirkan tiga orang tenaga pelatih dari Rumah Pintar Tunas Harapan Amuntai untuk memberikan pengetahuan dan tehnik membuat hiasan Bros.

Desa Galagah, kata Harun, memang tengah dipersiapkan mengikuti Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan. Pemberian pelatihan keterampilan ini diharapkan bisa meningkatkan peran perpustakaan di desa bagi meningkatkan sumber daya manusia didesa.

"Dipersip juga berencana memberikan pelatihan keterampilan di perpustakaan desa lainnya, guna merangsang minat masyarakat untuk datang perpustakaan," pungkasnya.
 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018