Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Desa Kambitin Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan menjadi salah satu sasaran program kampung iklim yang didanai dana Corporate Social Responsibility?PT Pamapersada Nusantara.

Kepala Desa Kambitin Arbani di Tanjung, Senin mengatakan bantuan pengembangan kampung iklim sebesar Rp25 juta.

"Bantuan dari dana CSR PT Pamapersada Nusantara untuk mendukung pengembangan kampung iklim," jelas Arbani.

Sebelumnya program kampung iklim sudah dilaksanakan di Desa Masingai 2 Kecamatan Upau, dan Desa Jaro Kecamatan Jaro sebagai upaya meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim.

Program kampung iklim sendiri ?bertujuan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam melaksanakan aksi lokal meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim.

Kepala Seksi Pemeliharaan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong Nilly Raihani mengatakan tahun ini program kampung iklim rencananya dilaksanakan di 11 desa.

"Untuk persiapan pelaksanaan program kampung iklim kita melakukan sosialisasi dengan melibatkan kalangan swasta dan instansi terkait," jelas Nilly.

Program Kampung Iklim sendiri diluncurkan sebagai gerakan nasional pengendalian perubahan iklim berbasis komunitas oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada 1 Desember 2016.

Mewakili Direktur ?Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan Zulkarnain menyampaikan program kampung iklim ini tertuang dalam Peraturan Menteri LH dan Kehutanan Nomor 84 tahun 2016.

 "Komponen kegiatan proklim mencakup upaya adaptasi dan mitigasi," jelas Zulkarnain.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018