Barabai, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 2.659 siswa dan siswi kelas 6 Sekolah Dasar (SD) se-Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) ikuti khataman Qur’an massal yang bertempat di Mesjid Agung Riyadusshalihin Barabai Sabtu (14/4).

Dalam rangka memeriahkan peringatan isra mi'raj siswa-siswi itu juga sebelumnya pawai dan karnaval mengelilingi kota Barabai yang dilepas langsung oleh Plt Bupati HST H A Chairansyah.

Ketua panitia pelaksana Misransyah mengatakan bahwa pelaksanaan itu merupakan yang kedua kalinya setelah pada tahun 2017 yang lalu juga pernah dilaksanakan dan akan dijadikan kegiatan rutin tahunan sebelum pelaksanaan ujian nasional tingkat SD.

"Tahun 2018 ini jumlah siswa-siswi kelas VI SD yang khatam Qur'an sebanyak 2.659 orang yang terdiri dari seluruh kelas VI SD se-Kabupaten HST," katanya.

Baca juga: Polres HST amankan 1000 liter solar ilegal

Sementara untuk pembiayaan ataupun dana, bersumber dari sumbangan masing-masing orang tua peserta khataman Qur'an ini dan ada juga bantuan dari Pemkab HST dalam hal ini Dinas Pendidikan.

Sementara itu Plt Bupati HST H A Chairansyah dalam sambutannya menyambut positif dengan adanya kegiatan khataman Qur'an Massal seluruh siswa dan siswi sekolah dasar se kabupaten HST ini.

Baca juga: Letkol Inf Nur Rohman Zein Dandim 1002/Barabai

"Ini merupakan salah satu bentuk melanjutkan syiar agama islam dan sejalan dengan visi dan misi kabupaten HST yang agamis dan menghendaki pendidikan agama bagi generasi muda sejak dini dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari," tambahnya.

Chairansyah juga mengharapkan agar para siswa dan siswi dapat mengkhatamkan Qur'an sebelum mereka lulus sekolah, misalnya selanjutnya nanti di kelas III SMP dan lanjut di kelas III SMA.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018