Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan membagikan 3.000 potong kain khas sasirangan pada HUT ke-43 Taman Mini Indonesia Indah (TMMI) di Pendopo Sasono Agung TMII Jakarta, Ahad.

Wakil Gubernur Kalsel, Rudy Resnawan di Jakarta mengungkapkan, pembagian kain tersebut, dalam rangka mengenalkan kain khas Kalsel sasirangan kepada peserta dari seluruh provinsi di Indonesia.

Menurut Wagub, pada tahun ini, daerahnya diberikan kepercayaan menjadi sponsor utama HUT TMII, kesempatan tersebut dimanfaatkan untuk memperkenalkan kekayaan, keragaman budaya berbagai suku dan agama di Kalsel.

Selain itu, Kalsel juga menampilkan pagelaran seni dan budaya, sebagai hiburan bagi masyarakat yang berkunjung.

Kalsel juga menampilkan Karnaval Sasirangan yang diikuti oleh empat Kabupaten/ Kota yakni Banjarbaru, Banjarmasin, Tabalong dan Barito Kuala.

Karnival Sasirangan ini mendapat perhatian para undangan, apalagi karnaval mengusung tema dari beberapa tokoh legenda sejarah Kalsel seperti Pangeran Surianata, legenda Datu Aling dan Baarak Naga serta kekhasan lainnya yang tergambar pada pakaian yang dikenakan oleh peserta.

Selain itu, juga ditampilkan tarian khas dayak, seni beladiri kuntau dan seni budaya lainnya.

Manajeman TMII, sejak 2015 melibatkan seluruh Provinsi untuk menjadi sponsor utama pada acara HUT TMII, seperti tahun 2017 yang lalu Aceh dipercaya menjadi sponsor utama dan kemudian tahun 2018 ini Kalsel yang menajadi sponsor utamanya.
 
.

HUT ke-43 TMII yang jatuh tepat pada tanggal 20 April, rencananya akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

Pada saat itu Kalsel diberikan kesempatan untuk dapat memamerkan produk unggulan dari 13 Kabupaten/ Kota se Kalsel lewat stand pameran HUT TMII di Jakarta.

Hadir mendampingi Wagub Kalsel beberapa kepala SKPD Provinsi Kalsel, diantaranya Kepala Biro Humas Protokol, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Biro Pengembangan Produksi Daerah, Kepala Biro Umum dan Kepala Dinas Peternakan.

Pada HUT TMII ini dibagikan 3000 sasirangan untuk peruntukan rangkaian acara HUT TMII ke 43 di Jakarta yang sudah dimulai sejak awal April 2018.

HUT TMII yang bertema Taman Mini "Indonesia Indah" Wajah Budaya Indonesia, dengan sub tema, Seni Diusung, Budaya Dijunjung, Banua Bauntung yang bermakna kerja bersama membesarkan budaya, dibuka Ketua MPR RI Ketua MPR RI Zulkifli Hasan berlangsung meriah meski sempat diguyur hujan.

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan mengatakan, keberadaan TMII ini merupakan pusat peradaban, budaya dan pembelajaran bagi masyarakat Indonesia.

Zulkifli memuji busana khas dari kain sasirangan yang sedang dikenakannya."Saya mengucapkan terima kasih kepada sponsor utama HUT TMII ini, Sasirangannya keren, ini merupakan ajang promosi daerah di tingkat nasional" kata Zulkifli dalam sambutannya.

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018