Paringin, (Antaranews Kalsel) - Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Balangan meminta agar para guru Taman Kanak-Kanak (TK) untuk meningkatkan kemampuan serta kualitas diri.

Disampaikan langsung oleh Ketua TP PKK Balangan, Hj Nursidah Ansharuddin dihadapan para Guru TK binaah Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Balangan.

Dikatakan, dalam upaya mengedepankan program peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), harus dimulai dari peningkatan kualitas tenaga pendidik serta kualitas pendidikannya.

"Yang tidak kalah penting dalam upaya meningkatkan SDM Balangan, yaitu dengan meningkatkan kualitas diri yang dimulai dari para tenaga pendidik itu sendiri, baik secara intelektual serta kemampuan akademiknya, maupun dari segi mental dan moralitasnya," ujarnya.

Para Guru TK lanjut Hj Nursidah, memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan karakter penerus bangsa sejak dini.

"Mereka menjadi sumber pola asuh anak dalam bersosialisasi, bersikap, cara belajar, dan lain sebagainya. Untuk itu selain memberikan pelajaran, para Guru TK harus memiliki pula kemampuan cara orang tua dalam mengasuh anaknya, untuk membimbing dan menolong mereka," terangnya.

Meskipun bagi orang lain Guru TK sering dianggap spele, namun jelas, dalam membentuk Sumber Daya Manusia yang berkualitas, harus dimulai dari usia dini.

Bahkan lanjut Ketua TP PKK Balangan, Hj Nursidah Ansharuddin, saat ini para siswa baru di Sekolah Dasar, sudah banyak yang mengenal bahkan bisa membaca dan menulis. "Hal ini tak lepas dari peran para Guru TK, selain orang tua anak itu sendiri dalam pola asuh dan membimbing anak usia dini," sampainya.

Dengan begitu, jelas bahwa kualitas Guru TK itu sendiri harus ditingkatkan, agar mampu menghasilkan anak didik yang memiliki kualitas SDM yang mumpuni.
 

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018