Barabai, (Antaranews Kalsel) - Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) melalui kelompok tani ternak Karya Subur Kecamatan Labuan Amas Selatan (LAS) mengikuti lomba kelompok tani ternak tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Bertempat di Desa Jamil, Kamis (12/4) tim penilai dari dari Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalsel datang dan memberikan penilaian terhadap kelompok tani ternak.

Plt Bupati HST yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Administrasi dan Umum H Sufiani menyampaikan para tim menilai sebanyak 129 ekor sapi milik warga Desa Jamil.

Menurutnya kelompok tani ternak merupakan pelaku utama dan pelaku usaha serta juga merupakan garda terdepan dalam pembangunan sektor peternakan. 

Sehingga penguatan kelembagaan tani ternak merupakan hal yang sangat mendasar dalam pelaksanaan pembangunan sektor peternakan yang mana merupakan wadah dan pintu masuk bagi pemerintah daerah dalam menyalurkan bantuan dan pembinaan.

"Pada kesempatan ini kami berpesan agar kelompok tani ternak kedepannya harus lebih kuat, sehingga semua program sektor peternakan akan berjalan sesuai harapan kita bersama," katanya.

Disamping itu kepada Dinas Pertanian Dia juga berharap agar lebih berperan aktif dalam mendorong pembangunan pertanian khususnya pada sektor peternakan dengan lebih memerankan fungsi pembinaan terhadap para kelompok tani ternak yang ada di Kabupaten HST ini.

Selanjutnya sebagai wakil daerah Dia juga mengharapkan keikutsertaan kelompok tani ternak Karya Subur ini akan dapat mewarnai persaingan dengan kelompok tani ternak di daerah lain.

"Tentunya kami sangat bersyukur dan sangat berterima kasih kepada tim penilai jika pada tahun ini kelompok tani kami mendapat posisi terhormat dan dapat meraih salah satu predikat juara," katanya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018